Berita

Surabaya, 14 Agustus 2024 – LPM Parlemen kembali hadir, seperti tahun-tahun sebelumnya dalam kegiatan liputan PBAK, beberapa anggota LPM Parlemen turun langsung pada forum fakultas untuk melakukan proses reporting berita, dokumentasi, serta wawancara narasumber, serta sebagian lainnya berkumpul untuk berdiskusi di ruang literasi dalam rangka menulis berita seputar berjalannya kegiatan PBAK Mahasiswa baru 2024. Awalnya proses diskusi berjalan secara ceria dan penuh dengan tawa, Namun secara mengejutkan ditengah sesi diskusi, kami kedatangan Bapak Abdul Chalik selaku Dekan FISIP. Beliau menyapa dan singgah bersama kami dengan mengiringi proses diskusi, sehingga dalam sekejap suasana berubah menjadi pembicaraan yang serius.

Dekan FISIP UINSA tersebut memulai perbincangan dengan menanyakan bagaimana tentang proses liputan yang sedang berlangsung. Pertanyaan tersebut menggugah jawaban dari pimpinan redaksi yang menyatakan bahwasannya proses liputan yang berawal di hari pertama hingga hari ini berlangsung dengan lancar. Menyinggung soal reporting kemarin, bahwasannya dekan FISIP menuaikan pujian terhadap salah satu wartawan LPM Parlemen yakni Hikmatul Karimah. Beliau mengatakan bahwasannya reporting seperti itu hanya bisa dilakukan oleh orang orang yang mempunyai mental kuat dan berani, “wartawan itu harus berani tampil didepan umum, tidak perlu takut kalau makeup nya luntur karena pandangan seorang penonton tidak melihat paras wartawannya namun melihat kesiapan mentalnya” tutur Dekan FISIP.

Selain menyinggung soal mentalitas yang perlu dimiliki oleh wartawan  ataupun anggota pers, Dekan Fisip juga membahas terkait sisi humanity yang perlu diangkat untuk bahan pemberitaan berikutnya, Beliau memberikan saran dan pengarahan untuk kualitas LPM Parlemen kedepannya, sebagai contoh pemberitaan PBAK hari ini terkait mahasiswa baru yang merasa kurang sehat, namun mahasiswa tersebut masih memiliki semangat yang membara dengan tetap mengikuti rangkaian kegiatan PBAK FISIP.dalam hal ini bisa disebut sebagai sisi humanity karena semangatnya ia berhasil melawan rasa sakitnya. Selain hal ini, sisi humanity juga dapat dilihat dari sigap nya para panitia yang bersedia merevil air minum peserta, ditengah kesibukannya para panitia yang bekerja sesuai jobdesknya, mereka tetap sigap ketika ada mahasiswa baru yang meminta bantuan.

Dari pembahasan tentang mentality dan humanity yang disinggung dalam pemberitaan, dekan FISIP juga memberikan pengertian tentang featurs, dimana beliau menyatakan bahwasannya featurs adalah pemberitaan tentang sisi lain berita. Jadi ketika suatu kejadian menjadi sorot berita utama, featurs menyorot hal lain dari kejadian utama tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa produksi berita dari LPM Parlemen cukup bagus dan menarik perhatian beliau, sehingga dekan fisip tersebut memberikan saran untuk tambahan jumlah berita perharinya. Beliau memberikan saran tersebut karena beliau juga bagian dari jurnalistik, dan beliau ingin kami dari LPM Parlemen menjadi Lembaga Pers yang mendunia (repost lpmparlemen)

Reporter: SBT dan SRB