Berita

Rabu, 14 Agustus 2024, hari kedua PBAK dilaksanakan. “Satu Saudara Tanpa Pembeda” sorakan yang terdengar menggelegar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini FISIP telah memilih tagline baru dengan mengangkat tema tanpa pembeda.

Proses PBAK pada hari kedua ini, dibuka dengan pembahasan tagline beserta tema PBAK FISIP. Berdasarkan dengan apa yang dikatakan oleh Faisal sebagai Ketua Pelaksana PBAK FISIP 2024 bahwa, pengangkatan tagline ini masih dikaitkan dengan pemaknaan PBAK tahun lalu, yang mana pada hal ini menyoroti kesolidaritasan dengan harapan setiap organisasi yang ada dan masing-masing program studi yang ada terus menanamkan nilai-nilai sosial, serta kepedulian terhadap satu sama lain.

Selaras dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Firman sebagai ketua DEMA FISIP, tagline ini sendiri memiliki makna bahwa di prodi-prodi FISIP tidak ada prodisentris, dan berharap tidak ada pembeda atau tidak ada sekat diantara tiga program studi Sosiologi, Hubungan Internasional, dan Ilmu Politik.

Hal tersebut ditimpali pula oleh salah satu panitia PBAK. “Kalau menurut saya sendiri, karena tahun ini mahasiswa barunya lebih banyak, sekitar 410 orang di FISIP. Mahasiswanya dari berbagai prodi, kita ingin menyatukan visi dan misi FISIP yang mana tiga prodi yang ada di FISIP beririsan dengan ilmu sosial dan ilmu politik.” Ujar Syahrul.

Sebagai penutupan, Ritya selaku peserta PBAK juga mengutarakan pendapatnya mengenai hal ini. Menurutnya, tagline ini ada sebagai simbolitas kasih sayang yang sama, berproses bersama sebagai satu saudara tanpa pembeda seperti latar belakang, minat, atau tujuan yang pernah menjadi dinding pemisah, melainkan jembatan yang menghubungkan perjalanan meraih mimpi.

Persaudaraan dalam tarian kehidupan universitas yang penuh dinamika, mengikat kita dalam sebuah kesatuan yang tak terpisahkan. Mengingat bahwa kita semua adalah bagian dari jaringan yang saling bergantungan. Oleh karena itu, dengan adanya tagline, “Satu Saudara Tanpa Pembeda” diharapkan bahwa setelah PBAK berakhir, kekompakan dari mahasiswa setiap program studi yakni Sosiologi, Hubungan Internasional, serta Ilmu Politik bisa tetap terjalin (repost lpmparlemen).

Reporter: KZ dan ASA