Berita

Bank Sampah dan Belajar Bersama SOSMA di Kampung Wonocolo Gang VII, RT 01, RW 05, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA

Kampung Mitra merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan warga dari suatu kampung untuk memajukan kampung tersebut menuju lingkungan yang lebih baik. Pada tahun 2023 lokasi kampung mitra berada di Wonocolo Gang VII, RT 01, RW 05, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan Kampung Mitra akan dilaksanakan sebanyak 5 kali pelaksanaan. Setelah pelaksanaan kegiatan tabung minyak jelantah I kegiatan selanjutnya adalah kegiatan bank sampah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023.

Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke pengumpul sampah. Jenis sampah yang dapat ditabung antara lain, kardus, botol plastic bekas, botol kaca bekas, logam, dan lain sebagainya. Kegiatan bank sampah dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan titik kumpul di jalan Wonocolo Gang VII, No. 27, RT 01/RW 05, Kec. Wonocolo, Surabaya. Panitia dan volunteer dibagi menjadi 3 tim, 2 tim bertugas mengambil sampah ke rumah-rumah warga dan 1 tim bertugas memilah sampah yang telah dikumpulkan. Kebanyakan sampah yang terkumpul berupa botol plastik dengan berbeda-beda warna dan ketebalan botol. Sampah botol dikelompokkan berdasarkan warna botol agar mudah saat dilakukan daur ulang. Sampah-sampah yang sudah terpilah akan disetorkan ke Bank Sampah Induk Surabaya di alamat Jl. Ngagel Timur No. 26 Surabaya. Hasil dari bank sampah akan dicairkan dan akan dibagikan kepada warga Kampung Mitra yang menyetorkan sampah.

Dari kegiatan bank sampah yang telah dilakukan warga Kampung Mitra diharapkan dapat membuat lingkungan sekitar lebih bersih, tidak adanya sampah yang berserakan hingga menggunung sehingga masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Kemudian dapat merasakan manfaat ekonomi dari sampah, yakni mendapat pendapatan setelah menyetorkan sampah.

Kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan belajar bersama sosma dan tabung minyak jelantah II pada tanggal 08 Oktober 2023. Kegiatan belajar bersama sosma merupakan kegiatan Kampung Mitra bersama anak-anak TK maupun SD dari Wonocolo Gang VII, RT 01, RW 05, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan menuangkan kreativitas generasi muda dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai guna melestarikan lingkungan. Sebelum dilakukan kegiatan belajar bersama sosma, dilakukan pengambilan minyak jelantah pada warga Kampung Mitra. Kegiatan tabung minyak jelantah II dimulai pada pukul 07.00 WIB. Pada saat pengambilan minyak jelantah para ibu-ibu diinformasikan kembali untuk menghimbau anak-anak agar datang dalam kegiatan belajar bersama sosma.

Kegiatan belajar bersama sosma dilaksanakan pada pukul 09.44 WIB, kegiatan dimulai dengan penjelasan cara pembuatan kerajinan yang berasal dari barang yang sudah tidak terpakai. Adik-adik sangat antusias dalam pembuatan kerajinan tangan, para panitia juga membantu dalam mengunting atau menempelkan bahan sehingga penggunaan alat tajam dapat diawasi. Kerajinan yang dihasilkan berasal dari botol bekas, kardus bekas, koran. Botol plastik bekas dipotong menjadi dua bagian, potongan bagian bawah digunakan sebagai kerajinan tangan. Kemudian botol dihias sekreatif mungkin dengan cat air sehingga menarik untuk dilihat. Kerajinan tersebut dapat digunakan sebagai tempat pensil ataupun dapat juga digunakan sebagai pot untuk tanaman mini.

Manfaat dari kegiatan belajar bersama sosma adalah menambah wawasan bahwasanya barang bekas atau yang sudah tidak terpakai dapat digunakan kembali menjadi barang yang lebih bermanfaat. Kemudian dapat membantu mengurangi sampah yang berserakan berdampak pada lingkungan sehingga tertanam perilaku hidup hemat.