Berita

Surabaya, 08 Januari 2024 – UIN Sunan Ampel Surabaya turut berperan aktif dalam mendukung acara yang diadakan oleh Universitas Hang Tuah, menggelar acara Field Trip di Kebun Binatang Surabaya dengan tema “Boost Your Speaking with Native Speaker.” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris dan memahami berbagai budaya.

Field Trip ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi mereka dengan mendapatkan pengalaman berbicara langsung dengan penutur asli bahasa Inggris. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi tambahan bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Bu Afita Dewi Prastiwi, S.Pd., M.Pd, salah satu dosen di Universitas Hang Tuah, yang turut terlibat dalam acara ini, menyatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat diapresiasi oleh mahasiswa. Beliau mengungkapkan bahwa mahasiswa senang dengan adanya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris, sehingga dapat memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris mereka secara signifikan. “Kami berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris, tetapi juga dapat lebih memahami dan menghargai berbagai budaya. Interaksi langsung dengan mahasiswa internasional yang turut serta dalam kegiatan ini akan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa lokal,” ujar Bu Afita.

Acara ini juga mendapatkan apresiasi positif dari mahasiswa. Mereka berharap kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk memberikan kesempatan lebih banyak kepada mereka untuk berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris. Melalui Field Trip ini, mahasiswa Universitas Hang Tuah dapat merasakan manfaat nyata dari interaksi langsung dengan mahasiswa internasional UIN Sunan Ampel Surabaya. Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus diadakan dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan keterampilan mahasiswa di bidang bahasa Inggris. “Mahasiswa senang dengan diadakannya kegiatan seperti ini dan meminta agar kegiatan serupa dapat diadakan kembali. Ini adalah langkah positif dalam memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, tidak hanya dalam hal kemampuan berbahasa Inggris, tetapi juga dalam memahami dan menghargai keberagaman budaya,” ujar Bu Afita.

Dengan adanya Field Trip “Boost Your Speaking with Native Speaker” di Kebun Binatang Surabaya ini, diharapkan para mahasiswa dapat merasakan manfaat positif dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dan kepekaan terhadap perbedaan budaya. Semangat dan antusiasme para peserta menjadi dorongan bagi Universitas Hang Tuah dan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa mendatang. “Acaranya sangat menarik dan memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan baru dan menjalin relasi baru dengan mahasiswa. I think, this is the best event I’ve ever seen” ujar Ishfaq Ahmed.

Setelah rangkaian acara telah berlangsung, mahasiswa internasional tersebut mendatangi kantor International Office UIN Sunan Ampel Surabaya diskusi singkat mengenai agenda selama liburan serta program program yang akan datan selanjutnya. Jihan/Arie