Berita

Jum’at (4/8) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya  mengelar Yudisium ke-104 Tahun 2023.. Sejumlah 455 peserta mengikuti Yudisium yang  dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Auditorium UINSA terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Prodi Pendidikan Matematika, dan Prodi Pendidikan IPA. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dekan beserta jajaran Wakil Dekan dan segenap pimpinan jurusan dan prodi. Dekan FTK Prof. Dr. H. Muhammad Thohir S.Ag, M.Pd pada sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah di yudisium hari ini dengan berpantun. “Marilah kita menggali sumur, Karena kebutuhan air makin tinggi. Marilah kita bersyukur,karena kita yudisium hari ini” lontar Prof. Thohir yang disambut riuh tepuk tangan peserta Yudisium ke-104 saat itu. Selain itu, Prof. Thohir juga berpesan kepada para peserta Yudisium yang statusnya akan menjadi alumni  yang juga merupakan santri-santrinya Sunan  Ampel untuk selalu ingat akan jasa-jasa guru dan ingat pesan Sunan Ampel. “ Ojo sampek nglakoni moh limo” pesannya. Beliau ingin para alumni yang memiliki sanad keilmuan langsung dengan Sunan Ampel berpesan untuk moh main (tidak berjudi), moh ngombe (tidak mabuk), moh maling (tidak mencuri), moh madat (tidak mengisap candu atau obat-obatan), dan moh madon (tidak melakukan zina).

Di akhir sambutannya Prof. Thohir berharap kepada seluruh peserta Yudisium yang telah mendapatkan gelar Sarjana agar mempunyai keunggulan dan menjadi figur-figur penggerak serta menjadi tauladan ditengah masyarakat. “Jadilah figur penggerak dan Tauladan” harap Prof. Thohir. Sebagai sarjana teruslah bergerak, berinisiatif dan menjadi figur contoh yang baik untuk masyarakat sekitar.  Sambunglah terus silahturahmi dengan para guru agar ilmu kita menjadi berkah dan memberikan maslahat bagi Dunia.

Dalam kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada para peserta Yudisium terbaik 1, 2, dan 3 pada setiap prodi. Yudisium terbaik mendapatkan uang pembinaan. Selain itu, salah satu perwakilan yudisium terbaik dari prodi PAI Muhammad Fladimir Herlambang memberikan pesan dan kesannya selama menempuh kuliah di FTK UINSA. Dia menyampaikan terimakasihnya kepada dosen dan seluruh pegawai yang telah membantunya menyelesaikan studi dengan sangat baik. Dan mengajak teman-teman seperjuangannya untuk menjadikan gelar sarjananya untuk menjadi bekal agar hidup bermanfaat untuk masyarakat luas.

Selamat meraih gelar Sarjana Pendidikan!!(ftk)