Berita

WAREK AK; PSU REKTOR ADALAH WUJUD PEMIKIRAN UINSA

UINSA Newsroom, Senin (07/08/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, resmi menggelar kegiatan, ‘Akselerasi Proyek Strategis Universitas (PSU) Rektor Tahun 2023 pada Senin-Rabu, 7-9 Agustus 2023. Bertempat di Hall Awana The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center, kegiatan ini dihadiri 228 peserta terdiri dari Dekan, Kepala Jurusan, Kaprodi-Sekprodi, Gugus Kendali Mutu, Kepala Laboratorium, serta Koordinator bidang pada UINSA Surabaya.

Kegiatan yang digawangi langsung Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UINSA Surabaya ini dibuka dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Warek AK menjelaskan, bahwa kegiatan serempak para penyelenggara prodi ini penting digelar dalam rangka menyambut PSU Rektor tahun 2023. “Yang mana itu butuh kita tahu bersama, kita sengkuyung bersama, kita dukung bersama, karena itu adalah wujud pikiran-pikiran UINSA,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Para penyelenggara prodi, lanjut Warek AK, perlu bergotong-royong untuk menerjemahkan dan mengimplementasikan PSU Rektor. “Sehingga bagaimana UINSA kedepan bisa melejit, melayang. Kata Pak Rektor, tidak hanya lari tapi melompat,” imbuh Prof. Ali Mudlofir.

Beberapa hal penting yang disampaikan Warek AK dalam kesempatan ini, bahwa dalam rangka menghadapi persaingan global yang semakin ketat, UINSA Surabaya menyadari pentingnya memperoleh akreditasi unggul dan meningkatkan peringkatnya di skala internasional.

UINSA, menurut Warek AK, memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai core business. Lima PSU Rektor Tahun 2023, antara lain: Satu Data UINSA; Pendirian Program Studi Kedokteran; Transformasi ke PTKNBH; Akreditasi Unggul; dan World Ranking.

Tujuan daripada kegiatan ini sebagaimana disampaikan Warek, yakni Pembentukan Dewan Penasehat Dunia Usaha-Industri dan Pengguna Jasa; Evaluasi IKU-IKT-IKK Program Studi Paruh Waktudan Penentuan Ciri khas Keunggulan Prodi; Mitigasi Akreditasi Unggul dan Proyeksi Akreditasi Internasional; Akselerasi World Ranking: Positioning Program Studi Berdasarkan Indikator QS World Ranking; Desain Pengembangan Talent Scouting; dan Komitmen Mutu GKM-Prodi dengan Rektor.

“Mudah-mudahan kita semua bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dari awal hingga akhir. Yakinlah bahwa sekecil apapun yang kita perbuat untuk prodi kita, untuk Lembaga kita, yakinlah Allah akan mencatatnya, melipatgandakan balasannya,” tukas Prof. Ali Mudlofir dalam sambutannya.

Sesi dilanjutkan dengan paparan dari Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK). Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., menjelaskan secara singkat terkait tata kelola bidang AUPK dalam rangka mendukung target-target universitas.

Menutup sesi pembukaan, tausiyah dari Sekretaris Senat Akademik, Dr. H. Ah. Ali Arifin, MM. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pleno yang membahas terkait, ‘Perumusan Pembentukan Dewan Penasehat Dunia Usaha-Industri dan Pengguna Jasa.’ (All/Humas)