Berita
Surabaya — (06/06/2024) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) melangsungkan Ujian Laporan Magang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Ujian berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024 hingga Minggu, 9 Juni 2024 dengan mahasiswa semester 6 sebagai peserta ujian.

Para mahasiswa terbagi ke dalam peminatan masing-masing dan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil laporan selama magang MBKM kepada dosen pembimbing dan penguji. Aspek yang perlu disampaikan dalam ujian magang terdiri dari latar belakang mitra magang, kegiatan-kegiatan, dan berbagai temuan selama magang berlangsung serta refleksi hasil magang.

Salah satu peserta ujian laporan magang MBKM menyampaikan kesan setelah ujian terlaksana, “Kesannya cukup campur aduk ya. Mungkin ada senangnya, sedihnya, stresnya, sama perasaan cukup bangga juga karena bisa melalui itu semua dari awal sampai akhir,” tuturnya atas antusiasme setelah ujian berlangsung.

Selain itu, dipaparkan juga terkait proses selama ujian berlangsung, “Untuk ujian magangku kebetulan dilaksanain secara online di tempat magang. Untuk berjalan berapa lamanya tuh aku ga menghitung ya, tapi mungkin kurang lebih 45 menit. Ujian magangnya dilaksanakan secara individu ya, karena luaran yang diminta juga individu,” sambungnya.

Hal berharga juga turut disampaikan olehnya. “Mungkin lebih ke menghadapi tantangan yang belum pernah aku alami sebelumnya, kan ini aku magangnya di tempat rehabilitasi ya, jadinya aku disitu juga menjadi alarm pengingat bagi anak anak buat kayak bangun, makan, shalat,” ujarnya saat ditanyai kesan saat magang.

“Bagiku sendiri hal yang paling menyenangkan selama magang itu bisa bertemu dengan banyak anak dari latar belakang yang berbeda-beda dan bertukar pikiran sama anak anak itu mengenai banyak hal,” sambungnya.

Pesan juga turut disampaikan oleh salah satu peserta ujian magang MBKM. “Beruntung bagi mahasiswa yang bisa melaksanakan MBKM. Karena, orang-orang yang beruntung adalah mereka yang berani menjual dirinya untuk sebuah komitmen dan proses,” tuturnya.

Selamat melaksanakan ujian laporan magang MBKM kepada para peserta ujian. Terselenggaranya ujian ini diharapkan mampu memberikan pengalaman berharga dan mengembangkan kompetensi para mahasiswa.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi