
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu
Diinformasikan kepada mahasiswa baru, bahwa Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlokasi di Kampus UINSA Jl. Ahmad Yani 117 Surabaya membuka Pendaftaran Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2025/2026.
A. Syarat dan ketentuan pendaftaran sebagai berikut:
- Mahasiswa Semester 3 Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya yang ingin melanjutkan hafalan Al-Qur’an, atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan siap mengikuti peraturan yang berlaku di Ma’had (diprioritaskan mahasantri yang pernah tinggal di ma’had);
- Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2025/2026 dari seluruh Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang telah menyelesaikan heregistrasi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (melampirkan bukti pembayaran UKT);
- Selama Kuota kamar di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani masih tersedia;
B. Cara Alur Pendaftaran Tinggal di Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani
- Pendaftaran dilakukan secara online;
- Mengisi Formulir Pendaftaran secara online dengan menyiapkan berkas yang akan diunggah sebagai berikut:
- Photo berwarna ukuran 3X4 maksimal 1 mb dengan format jpg;
- Bukti Sah Pembayaran UKT, berupa file pdf maksimal 1 mb;
- Link Pendaftaran adalah sebagai beriku:
- Link Pendaftaran Untuk Mahasantri Lama: https://bit.ly/MahasantriLama25
- Link Pendaftaran untuk Mahasantri Putra Baru: https://s.id/PesMa2025
- Link Pendaftaran Untuk Mahasantri Putri Baru: https://s.id/PesMi2025
- Bukti Pendaftaran, Kode Pembayaran (VA) serta Surat Pernyataan akan dikirimkan ke e-mail pendaftar.
C. Biaya, Pembayaran dan Masa Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani
- Biaya tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA sebesar Rp. 7.500.000,-/Tahun;
- Pembayaran dibayarkan melalui Virtual Account BTN yang dikirimkan melalui e-Mail Pendaftar sesuai jadwal yang telah ditentukan;
- Pembayaran sebesar Rp.7.500.000,-/Tahun bisa dilakukan sekaligus; atau bisa diangsur sebanyak 2 kali, dengan ketentuan pembayaran yang pertama sebesar Rp. 5.000.000,-, dan Pembayaran yang kedua sebesar Rp. 2.500.000,-;
- Bagi yang melakukan pembayaran dengan angsuran, pembayaran pertama dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan pembayaran kedua dilaksanakan paling lambat sebelum mahasantri check-in/masuk ma’had;
- Bukti sah pembayaran disimpan dengan baik dan disampaikan pada saat check-in;
- Masa tinggal di Ma’had/Asrama Pesantren Kampus terhitung mulai Bulan Agustus 2025 s.d Juni 2026;
D. Fasilitas Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani
- Kasur;
- Almari;
- Kipas angin per kamar;
- Air PDAM;
- Kamar Mandi Komunal (bersama);
- Listrik (secara detil penggunakan listrik akan diatur dikemudian hari)
- Pembinaan dan Pendampingan Oleh Muwajjih/ah meliputi:
- Kajian Kitab Kuning;
- Tahsin Al-Qur’an;
- Tahfidz/Hafalan Al-Qur’an;
- Pengembangan Minat dan Bakat;
- Penguatan dan Pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris;
- Olahraga Bersama, dan lain sebagainya.
E. Jadwal Penting
- Pendaftaran
- Gelombang I : Tanggal 28 Mei – 23 Juni 2025
- Gelombang II : Tanggal 1 Juli – 31 Juli 2025
- Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu apabila kuota sudah terpenuhi
- Pembayaran
- Gelombang I : Tanggal 3 Juni – 27 Juni 2025
- Gelombang II : Tanggal 2 Juli – 4 Agustus 2025
- Check-In masuk ma’had : sebelum pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), atau akan diinformasikan lebih lanjut
F. Perlengkapan Wajib Mahasiswa yang harus dibawa saat masuk Ma’had adalah sebagai berikut:
- Pakaian secukupnya;
- Pakaian Wajib sebagai berikut:
- Mahasantri Putra
- Kemeja/Koko Putih Lengan Panjang;
- Kopyah warna hitam
- Sarung
- Mahasantri Putri
- Mukena
- Kemeja/Atasan Putih lengan Panjang;
- Rok Hitam/Gelap Panjang
- Jilbab Putih
- Mushaf Al-Qur’an;
- Buku Tulis Saku Tebal untuk menulis mufrodat/kosa kata Arab dan Inggris;
- Perlengkapan Mandi;
- Perlengkapan Obat-obatan untuk pribadi.
- Mahasantri Putra
G. Keterangan lainnya
- Setelah pendaftaran berhasil, calon mahasantri dimohon untuk join ke Wa Group yang linknya dikirimkan melalui e-mail bersamaan dengan bukti pendaftaran online;
- Check-in bisa dilakukan dengan membawa sebagai berikut:
- Bukti pendaftaran online;
- Surat pernyataan asli bermaterai siap mengikuti kegiatan ma’had;
- Bukti pembayaran tinggal di ma’had;
- Mahasantri membawa sprei kasur dan bantal sendiri (ukuran kasur 90 x 200 cm)
- Pembagian kamar mahasantri sepenuhnya akan dilakukan oleh pengurus.
Demikian, pengumuman ini, untuk diperhatikan dan dipedomani. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi An. Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I (085731581321), Sdr. Anillahi Ilham Akbar, M. Ag (085233339956), Sdri Siti Ramlah, M. Hum (087859288442) atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Pengumuman lengkap bisa diunduh di sini