Announcement

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu

Diinformasikan kepada mahasiswa baru, bahwa Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlokasi di Kampus UINSA Jl. Ahmad Yani 117 Surabaya membuka Pendaftaran Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2025/2026.

A. Syarat dan ketentuan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Semester 3 Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya yang ingin melanjutkan hafalan Al-Qur’an, atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan siap mengikuti peraturan yang berlaku di Ma’had (diprioritaskan mahasantri yang pernah tinggal di ma’had);
  2. Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2025/2026 dari seluruh Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang telah menyelesaikan heregistrasi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (melampirkan bukti pembayaran UKT);
  3. Selama Kuota kamar di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani masih tersedia;

B. Cara Alur Pendaftaran Tinggal di Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani

  1. Pendaftaran dilakukan secara online;
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran secara online dengan menyiapkan berkas yang akan diunggah sebagai berikut:
    • Photo berwarna ukuran 3X4 maksimal 1 mb dengan format jpg;
    • Bukti Sah Pembayaran UKT, berupa file pdf maksimal 1 mb;
  3. Link Pendaftaran adalah sebagai beriku:
  4. Bukti Pendaftaran, Kode Pembayaran (VA) serta Surat Pernyataan akan dikirimkan ke e-mail pendaftar.

C. Biaya, Pembayaran dan Masa Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani

  1. Biaya tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA sebesar Rp. 7.500.000,-/Tahun;
  2. Pembayaran dibayarkan melalui Virtual Account BTN yang dikirimkan melalui e-Mail Pendaftar sesuai jadwal yang telah ditentukan;
  3. Pembayaran sebesar Rp.7.500.000,-/Tahun bisa dilakukan sekaligus; atau bisa diangsur sebanyak 2 kali, dengan ketentuan pembayaran yang pertama sebesar Rp. 5.000.000,-, dan Pembayaran yang kedua sebesar Rp. 2.500.000,-;
  4. Bagi yang melakukan pembayaran dengan angsuran, pembayaran pertama dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan pembayaran kedua dilaksanakan paling lambat sebelum mahasantri check-in/masuk ma’had;
  5. Bukti sah pembayaran disimpan dengan baik dan disampaikan pada saat check-in;
  6. Masa tinggal di Ma’had/Asrama Pesantren Kampus terhitung mulai Bulan Agustus 2025 s.d Juni 2026;

D. Fasilitas Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani

  1. Kasur;
  2. Almari;
  3. Kipas angin per kamar;
  4. Air PDAM;
  5. Kamar Mandi Komunal (bersama);
  6. Listrik (secara detil penggunakan listrik akan diatur dikemudian hari)
  7. Pembinaan dan Pendampingan Oleh Muwajjih/ah meliputi:
    • Kajian Kitab Kuning;
    • Tahsin Al-Qur’an;
    • Tahfidz/Hafalan Al-Qur’an;
    • Pengembangan Minat dan Bakat;
    • Penguatan dan Pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris;
    • Olahraga Bersama, dan lain sebagainya.

E. Jadwal Penting

  1. Pendaftaran 
    • Gelombang I : Tanggal 28 Mei – 23 Juni 2025
    • Gelombang II : Tanggal 1 Juli – 31 Juli 2025
      • Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu apabila kuota sudah terpenuhi
  2. Pembayaran 
    • Gelombang I : Tanggal 3 Juni – 27 Juni 2025
    • Gelombang II : Tanggal 2 Juli – 4 Agustus 2025
  3. Check-In masuk ma’had : sebelum pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), atau akan diinformasikan lebih lanjut

F. Perlengkapan Wajib Mahasiswa yang harus dibawa saat masuk Ma’had adalah sebagai berikut:

  1. Pakaian secukupnya;
  2. Pakaian Wajib sebagai berikut:
    • Mahasantri Putra
      • Kemeja/Koko Putih Lengan Panjang;
      • Kopyah warna hitam
      • Sarung
    • Mahasantri Putri
      • Mukena
      • Kemeja/Atasan Putih lengan Panjang;
      • Rok Hitam/Gelap Panjang
      • Jilbab Putih
      • Mushaf Al-Qur’an;
      • Buku Tulis Saku Tebal untuk menulis mufrodat/kosa kata Arab dan Inggris;
      • Perlengkapan Mandi;
      • Perlengkapan Obat-obatan untuk pribadi.

G. Keterangan lainnya

  1. Setelah pendaftaran berhasil, calon mahasantri dimohon untuk join ke Wa Group yang linknya dikirimkan melalui e-mail bersamaan dengan bukti pendaftaran online;
  2. Check-in bisa dilakukan dengan membawa sebagai berikut:
    • Bukti pendaftaran online;
    • Surat pernyataan asli bermaterai siap mengikuti kegiatan ma’had;
    • Bukti pembayaran tinggal di ma’had;
  3. Mahasantri membawa sprei kasur dan bantal sendiri (ukuran kasur 90 x 200 cm)
  4. Pembagian kamar mahasantri sepenuhnya akan dilakukan oleh pengurus.

Demikian, pengumuman ini, untuk diperhatikan dan dipedomani. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi An. Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I (085731581321), Sdr. Anillahi Ilham Akbar, M. Ag (085233339956), Sdri Siti Ramlah, M. Hum (087859288442) atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Pengumuman lengkap bisa diunduh di sini

Panduan Pembayaran VA bisa diunduh di sini