Announcement

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu

Diinformasikan kepada mahasiswa baru, bahwa Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlokasi di Kampus UINSA Jl. Ahmad Yani 117 Surabaya membuka Pendaftaran Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2025/2026.

A. Syarat dan ketentuan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Semester 3 Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya yang ingin melanjutkan hafalan Al-Qur’an, atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan siap mengikuti peraturan yang berlaku di Ma’had (diprioritaskan mahasantri yang pernah tinggal di ma’had);
  2. Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2025/2026 dari seluruh Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang telah menyelesaikan heregistrasi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (melampirkan bukti pembayaran UKT);
  3. Selama Kuota kamar di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani masih tersedia;

B. Cara Alur Pendaftaran Tinggal di Ma’had Al-Jami’ah UINSA Ahmad Yani

  1. Pendaftaran dilakukan secara online;
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran secara online dengan menyiapkan berkas yang akan diunggah sebagai berikut:
    • Photo berwarna ukuran 3X4 maksimal 1 mb dengan format jpg;
    • Bukti Sah Pembayaran UKT, berupa file pdf maksimal 1 mb;
  3. Link Pendaftaran adalah sebagai beriku:
  4. Bukti Pendaftaran, Kode Pembayaran (VA) serta Surat Pernyataan akan dikirimkan ke e-mail pendaftar.

C. Biaya, Pembayaran dan Masa Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani

  1. Biaya tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah UINSA sebesar Rp. 7.500.000,-/Tahun;
  2. Pembayaran dibayarkan melalui Virtual Account BTN yang dikirimkan melalui e-Mail Pendaftar sesuai jadwal yang telah ditentukan;
  3. Pembayaran sebesar Rp.7.500.000,-/Tahun bisa dilakukan sekaligus; atau bisa diangsur sebanyak 2 kali, dengan ketentuan pembayaran yang pertama sebesar Rp. 5.000.000,-, dan Pembayaran yang kedua sebesar Rp. 2.500.000,-;
  4. Bagi yang melakukan pembayaran dengan angsuran, pembayaran pertama dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan pembayaran kedua dilaksanakan paling lambat sebelum mahasantri check-in/masuk ma’had;
  5. Bukti sah pembayaran disimpan dengan baik dan disampaikan pada saat check-in;
  6. Masa tinggal di Ma’had/Asrama Pesantren Kampus terhitung mulai Bulan Agustus 2025 s.d Juni 2026;

D. Fasilitas Tinggal di Asrama Ma’had Al-Jami’ah Kampus UINSA Ahmad Yani

  1. Kasur;
  2. Almari;
  3. Kipas angin per kamar;
  4. Air PDAM;
  5. Kamar Mandi Komunal (bersama);
  6. Listrik (secara detil penggunakan listrik akan diatur dikemudian hari)
  7. Pembinaan dan Pendampingan Oleh Muwajjih/ah meliputi:
    • Kajian Kitab Kuning;
    • Tahsin Al-Qur’an;
    • Tahfidz/Hafalan Al-Qur’an;
    • Pengembangan Minat dan Bakat;
    • Penguatan dan Pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris;
    • Olahraga Bersama, dan lain sebagainya.

E. Jadwal Penting

  1. Pendaftaran 
    • Gelombang I : Tanggal 28 Mei – 23 Juni 2025
    • Gelombang II : Tanggal 1 Juli – 31 Juli 2025
      • Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu apabila kuota sudah terpenuhi
  2. Pembayaran 
    • Gelombang I : Tanggal 3 Juni – 27 Juni 2025
    • Gelombang II : Tanggal 2 Juli – 4 Agustus 2025
  3. Check-In masuk ma’had : sebelum pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), atau akan diinformasikan lebih lanjut

F. Perlengkapan Wajib Mahasiswa yang harus dibawa saat masuk Ma’had adalah sebagai berikut:

  1. Pakaian secukupnya;
  2. Pakaian Wajib sebagai berikut:
    • Mahasantri Putra
      • Kemeja/Koko Putih Lengan Panjang;
      • Kopyah warna hitam
      • Sarung
    • Mahasantri Putri
      • Mukena
      • Kemeja/Atasan Putih lengan Panjang;
      • Rok Hitam/Gelap Panjang
      • Jilbab Putih
      • Mushaf Al-Qur’an;
      • Buku Tulis Saku Tebal untuk menulis mufrodat/kosa kata Arab dan Inggris;
      • Perlengkapan Mandi;
      • Perlengkapan Obat-obatan untuk pribadi.

G. Keterangan lainnya

  1. Setelah pendaftaran berhasil, calon mahasantri dimohon untuk join ke Wa Group yang linknya dikirimkan melalui e-mail bersamaan dengan bukti pendaftaran online;
  2. Check-in bisa dilakukan dengan membawa sebagai berikut:
    • Bukti pendaftaran online;
    • Surat pernyataan asli bermaterai siap mengikuti kegiatan ma’had;
    • Bukti pembayaran tinggal di ma’had;
  3. Mahasantri membawa sprei kasur dan bantal sendiri (ukuran kasur 90 x 200 cm)
  4. Pembagian kamar mahasantri sepenuhnya akan dilakukan oleh pengurus.

Demikian, pengumuman ini, untuk diperhatikan dan dipedomani. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi An. Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I (085731581321), Sdr. Anillahi Ilham Akbar, M. Ag (085233339956), Sdri Siti Ramlah, M. Hum (087859288442) atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Pengumuman lengkap bisa diunduh di sini