Berita

UINSA Newsroom, Jumat (11/10/2024); Penandatanganan MoU antara UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan Universitas Hang Tuah (UHT) resmi digelar pada Kamis, 10 Oktober 2024 di Ruang Seminar Kampus Hang Tuah Jl. Arif Rahman Hakim No. 150 Surabaya. Kegiatan ini disaksikan langsung jajaran pimpinan Wakil Rektor, Kabiro, dan Dekanat Fakultas Kedokteran serta Tim LPM dari UHT dan UINSA Surabaya.

MoU di bidang Tri Dharma Pergurua Tinggi ini khususnya dilakukan dalam rangka finalisasi ijin operasional penyelenggaraan Prodi Kedokteran di UINSA Surabaya. Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR, Rektor UHT menyambut baik kerjasama dengan UINSA Surabaya. Kerjasama tersebut dinilai sebagai sebuah kenisacayaan di era kemajuan teknologi yang semakin cepat saat ini.

“Penting bagi setiap institusi atau universitas untuk menyatukan kekuatan guna mengatasi tantangan yang selalu berubah setiap era berbeda yang ditawarkan dunia saat ini,” ujar Prof. Supartono.

Kerjasama antara UINSA dan UHT, lanjut Prof. Supartono, menunjukkan adanya dedikasi yang tak tergoyahkan untuk mendorong pertumbuhan intelektual. Serta menciptakan dampak transformatif dalam lanskap akademik.

“Di luar manfaat langsung, kemitraan ini menandakan komitmen terhadap keragaman, inklusifitas, dan pertukaran gagasan. Ini memungkinkan kita menembus batas perbedaan dan mempromosikan perspektif global dalam pendidikan yang semakin penting,” terang Prof. Supartono.

Sebagai sebuah komitmen untuk memperbaiki pendidikan, penelitian, dan komunitas global, menurut Prof. Supartono, maka kerjasama ini tidak hanya akan berhenti di atas kertas. “Saya tidak ragu bahwa kolaborasi ini akan membuka jalan bagi kemajuan transformatif, saling belajar, dan memelihara pikiran cerdas,” jelas Prof. Supartono.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., pun menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat UHT. Kerjasama ini bagi Rektor UINSA, merupakan upaya membangun kemuliaan bersama di masa yang akan datang. “Kami harus menimba banyak ilmu dari Universitas Hang Tuah,” ujar Prof. Muzakki membuka sambutan.

Kekhasan yang dimiliki UHT menurut Rektor UINSA, menjadi salah satu alasan dibangunnya kerjasama dua lembaga. “Tentu, yang akan kita lakukan siang ini adalah pintu masuk untuk membuka kemuliaan-kemuliaan berikutnya. Apa yang menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Universitas Hang Tuah perlu kami pelajari. Dan apa yang kira-kira ada nilai baik dari kami yang kira-kira bisa dikerjasamakan dengan Universitas Hang Tuah sungguh merupakan kemuliaan juga bagi kami semua,” imbuh Prof. Muzakki.

Selain Penandatanganan MoU, dalam kesempatan ini juga digelar Focus Group Discussion (FGD) antara UINSA dan UHT. Khususnya tentang kelengkapan berkas dan atau persyaratan finalisasi ijin operasional penyelenggaraan Prodi Kedokteran di UINSA Surabaya. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya
Highlight: A. Kamal AJ