Berita
UINSA BERI PEMBEKALAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BAZNAS

UINSA Newsroom, Senin (21/11/2022); 72 mahasiswa penerima beasiswa BAZNAS UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan lantai 9, Gedung Twin Tower UINSA Surabaya, Senin, 21 November 2022.

Beasiswa ini merupakan salah satu bentuk program zakat BAZNAS yaitu mendorong mahasiswa untuk semangat belajar yang nantinya akan digunakan dalam mengabdi di masyarakat. Beasiswa yang diberikan sejumlah Rp. 180.000.000,- untuk mahasiswa S1 dari berbagai jurusan dan fakultas di UINSA Surabaya.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.; Ketua BAZNAS Jatim, KH. Moh. Roziqi; serta mahasiswa penerima beasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ali Mudlofir menyampaikan, bahwa BAZNAS khususnya Provinsi Jawa Timur telah aktif dalam menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi UINSA Surabaya. Hal ini sebagai bentuk perwujudan penerapan salah satu perintah Al-Quran yakni Q.S At-Taubah ayat 103.

Ayat tersebut menjelaskan, bahwa memang diperlukan adanya intervensi manajemen pengelolaan zakat oleh pemerintah. Keberadaan BAZNAS menjadi salah satu implementasi dari intervensi tersebut. Selanjutnya zakat tersebut didistribusikan kepada yang berhak, salah satunya melalui program beasiswa.

“Kami berpesan, gunakan momen mendapat beasiswa ini untuk studi dengan sebaik-baiknya. Akan prihatin apabila studinya tidak serius. Diharapkan mahasiswa mampu memanfaatkan peluang beasiswa dengan sebaik-baiknya,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Turut hadir dalam pembekalan ini, Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur, KH. Moh. Roziqi. Dalam pemaparannya, KH. Roziqi menjelaskan mengenai program Jatim Cerdas yang juga turut membiayai 200 mahasiswa untuk perguruan tinggi swasta. Selain itu, Baznas memiliki tiga prinsip yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

“Saya berharap kepada teman-teman mahasiswa penerima beasiswa BAZNAS untuk belajar sungguh-sungguh dan dapat lulus tepat waktu. Serta mempelajari lebih lanjut terkait dengan zakat,” tambah KH. Roziqi.

Acara pun ditutup dengan doa yang dipandu Dr. H. Mamat Salamet Burhanuddin, Kepala Biro AAKK UIN Sunan Ampel Surabaya. (Din/Magang22)