Column UINSA

Evaluasi merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan suatu program. Dengan dilakukannya evaluasi, maka kita dapat mengetahui sejauh mana efektifitas dan efisiensi dari suatu program atau kinerja serta hambatan yang terjadi. Penggunaan alat ukur yang valid dan reliabel untuk evaluasi pun harus lebih dicermati. Hal itu dilakukan agar hasil evaluasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan suatu program atau kinerja dapat dipertanggungjawabkan. Mengingat hasil evaluasi yang valid dapat dijadikan acuan dan dasar pegembangan perpustakaan di masa mendatang.

Artikel ini membahas tentang evaluasi kinerja layanan yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun alat ukur yang digunakan dalam artikel penelitian ini yaitu Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP 13 tahun 2017) dan Standard for libraries in higher education yang dikeluarkan oleh the Association of College and Research Libraries (ACRL), a division of the American Library Association (ALA) tahun 2018. Kedua standar yang digunakan tersebut memiliki perbedaan dalam pendekatan. SNP 13 tahun 2017 menggunakan pendekatan bukti fisik (evidence) dan terdiri dari enam komponen, sedangkan standar ACRL menggunakan pendekatan outcome dan impact dan terdiri dari 59 indikator dalam mengevaluasi kinerja perpustakaan, sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan pun cukup beragam (dokumentasi, angket dan observasi). Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  metode kuantitatif deskriptif. 

Di akhir tulisan, disimpulkan bahwa hasil evaluasi yang dilakukan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya telah melampaui standar yang ada, walaupun pada salah satu item ditemukan bahwa pemanfaatan di salah satu layanan belum maksimal yaitu pada panduan layanan yang berbentuk tulisan maupun video tutorial. Pemanfaatan panduan layanan tersebut dinilai masih minim dan tidak banyak dimanfaatkan oleh pemustaka. Selain itu dari hasil evaluasi juga diketahui bahwa kolaborasi dalam melakukan desain layanan belum memiliki  outcome dan impact .

Berdasarkan hasil evaluasi, penulis memberikan saran kepada pengelola perpustakaan agar lebih memperhatikan dampak atau pengaruh dari kegiatan yang telah diselenggarakan, sehingga perpustakaan tidak hanya sekadar melaksanakan program tetapi juga melakukan evaluasi dan melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.

Selengkapnya ada di Rodliyah, Ummi. Evaluasi Kinerja Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Berbasis Standar Nasional dan Internasional. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, [S.l.], v. 43, n. 1, p. 55-68, sep. 2022. ISSN 2301-8593. Available at: <https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/baca/article/view/856>