Berita

Nabilah Maulidyah Puspita, mahasiswi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan metode Research and Development (RnD). Meskipun awalnya merasa takut dan ragu karena banyak temannya menilai metode tersebut sangat sulit, namun ia membuktikan dan berhasil mempertahankan karyanya di hadapan dewan penguji (4/6/2024) dengan nilai sangat memuaskan.

Mahasiswi yang memulai proses penelitian sejak setahun lalu ini memilih topik yang sangat relevan dan berdampak sosial, yakni “Pengembangan Modul Program Pendidikan Anak Jalanan di Rumah Belajar Pandawa Surabaya”. Dalam skripsinya, ia berhasil menyusun sebuah modul yang dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak jalanan di Surabaya. Ada lima tahapan penting yang dilalui Nabilah untuk menuntaskan modulnya, antara lain: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi.

Proses pengerjaan skripsi ini tidaklah mudah, ia mengaku sempat ragu dan hampir mengganti metode penelitiannya karena mendengar cerita teman-temannya yang bilang bahwa metode RnD membawa kesulitan dalam skripsi. Namun, dengan tekad dan dedikasi yang kuat, ia berhasil mengatasi rasa takut serta fokus pada tujuannya untuk memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan anak-anak jalanan. “Dulu saya sempat takut karena banyak yang bilang metode RnD itu susah. Tapi, saya berpikir ini adalah kesempatan untuk membuat sesuatu yang berbeda dan bermanfaat. Akhirnya, saya memutuskan untuk tetap mengambil metode ini dan mencoba yang terbaik,” ujar Nabilah.

Modul karya Nabilah telah diuji dalam sidang skripsi dan mendapat apresiasi dari dosen penguji. Mereka menilai modul tersebut sangat aplikatif dan inovatif dalam memberikan solusi pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Keberhasilan mahasiswi semester 8 ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan kerja keras dan semangat yang tinggi, Nabilah membuktikan bahwa tantangan dalam penelitian dapat diatasi dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam, Dr. Arif Mansyuri, S.Pd.I, M.Pd, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi Nabilah. “Desain penelitian pengembangan untuk skripsi di prodi MPI ibarat menemukan oase di gurun pasir. Saya berharap ke depannya ada mahasiswa kreatif dan berani meneliti dengan menggunakan desain penelitan yang menarik seperti ini,” ungkapnya.

Ke depannya, Nabilah berharap modul yang ia buat dapat terus dikembangkan dan digunakan secara luas untuk membantu pendidikan anak-anak jalanan di berbagai daerah. “Saya berharap modul ini dapat berkontribusi sebagai salah satu solusi untuk masalah pendidikan anak jalanan, serta berharap semakin banyak pihak yang peduli dan berpartisipasi dalam upaya ini,” tutupnya. (nr/as)