Berita

TIM MAHASISWA TEKNIK LINGKUNGAN FST UINSA RAIH GOLD MEDAL DAN JUARA 1 POSTER PADA “MANDALIKA ESSAY COMPETITION 2 2023”

“Mandalika Essay Competition (MEC) ke-2 Tahun 2023” merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Nusantara Muda. Event ini merupakan lomba essay tingkat nasional yang diharapkan mampu menjadi salah satu bagian pendukung pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, terutama generasi muda di Indonesia. MEC 2023 mengusung “Sinergi Generasi Muda Melalui Aksi Nyata Untuk Indonesia Emas 2045”. Adapun sub-temanya terdiri dari: Pendidikan dan Sosial Budaya, Kesehatan, Lingkungan, Energi dan Teknologi, Ekonomi dan Hukum, Pariwisata, Pertanian, Pangan, dan Peternakan.

Tim mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Ampel Surabaya dengan kemauan pribadi untuk berprestasi dan melakukan aksi nyata Indonesia 2045, yang terdiri dari Tri Sunan Agung ’19, Amelia Maulidina Zahra ’21, Asyam Badriani ’21 mengikuti kompetisi tersebut dengan full support dari Prodi dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Kompetisi Nasional ini diikuti oleh Universitas/Institut/Politeknik di seluruh Indonesia, seperti UGM, ITS, Universitas Airlangga, UNDIP, UNS, Universitas Brawijaya, UNHAS, UINSA, dan lainnya. Jumlah esai yang terkumpul sesuai release panitia, sebanyak 1000 esai yang masuk untuk proses seleksi yang kemudian hasil seleksi pada Final diikuti sekitar 200 peserta (Ketua dan anggota Tim). Pada pelaksanaan MEC 2 terbagi atas 2 kategori, yaitu esai dan poster.

Tim Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA sebagai delegasi, masuk ke Kategori Poster dengan Bidang Pertanian, Pangan, dan Peternakan. Lomba dilaksanakan secara offline pada tanggal 5-7 Maret 2023 di Gedung Bir Ali, Mataram, Lombok NTB. Dengan penuh semangat, delegasi UINSA membawakan materi tentang “Mie Batang Pepaya” yang memanfaatkan limbah batang pepaya dan mendapatkan Gold Medal pada kategori ini.

Selain mendapat Gold Medal, Tim terpilih lagi di babak Grand Final. Babak terakhir tersebut, merupakan perbandingan nilai dari setiap pemenang Gold Medal di ke-6 bidang lainnya. Atas Kuasa Allah SWT dan tekad yang kuat, Agung, Amel, dan Asyam mendapatkan Juara 1 Kategori Poster di Mandalika Essay Competition 2 Tahun 2023. Prestasi tersebut merupakan raihan kesekian dari Tri Sunan Agung dan Tim Prodi Teknik Lingkungan yang tahun lalu juga meraih beberapa juara, salah satunya Juara 1 LKTI MUI Yogyakarta. Peningkatan prestasi Mahasiswa di Prodi Teknik Lingkungan tidak lepas dari arahan Universitas dalam peningkatan prestasi yang didukung Tim Fakultas Sains dan Teknologi dan Prodi Teknik Lingkungan.