Berita

DIRJEN PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENAG RI RESMIKAN PUSAT ANALISIS HAJI, UMRAH, DAN BISNIS SYARIAH UINSA

FDK UINSA Newsroom, Ahad (05/03/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan peresmian Pusat Analisis Haji, Umrah, dan Bisnis Syariah pada Ahad (06/03). Acara yang bertempat di Tower Tengku Ismail Yaqub Lantai 9 ini dihadiri dan diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama, Prof. Hilman Latief, MA., Ph.D.

Rektor UINSA, Prof Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa jika diibaratkan, UINSA saat ini telah istitha’ah dari sisi pembimbingan haji. Hanya saja, tinggal membutuhkan surat resmi untuk bisa melakukan legitimasi, otorisasi, dan rekognisi untuk menjalankan itu semua. UINSA selama ini telah aktif dalam berbagai program yang mendukung pelaksanaan haji dan umrah.

“Ibadah haji dan umrah luar biasa tinggi, belum lagi ditambah fenomena bisnis syariah. Tugas pusat studi ini melakukan pengkajian analisis setiap perkembangan yang dibutuhkan untuk terlaksananya pengelolaan haji dan umrah secara bermutu dan berkesinambungan,” ungkapnya dalam sambutan.

Setelah itu, Dirjen PHU Kementerian Agama RI meresmian Pusat Analisis Haji, Umrah, dan Bisnis Syariah UINSA. Peresmian pusat analisis ini dilakukan dengan cara menekan tombol digital yang didampingi oleh Rektor UINSA, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan segenap jajaran pimpinan di lingkungan universitas.

Prof. Hilman Latief, MA., Ph.D., Dirjen PHU, pada kesempatan tersebut menyampaikan arahan sekaligus harapannya terkait pusat analsiis yang baru diresmikan.

“Selamat atas lahirnya sebuah pusat analisis yang baru di UINSA. Saya yakin pusat analisis ini punya masa depan dan mimpi untuk melakukan perubahan khususnya dalam pandangan akademik terhadap ekosistem penyelenggaraan haji dan umroh di Indonesia yang memang saat ini terus berkembang,” ujarnya.

Pusat analisis haji, umrah, dan bisnis syariah ini akan dikelola oleh dosen-dosen yang ahli dalam bidang kelola perhajian, perfiqihan, analisis ekonomi, dan analisis sosial. Struktur organisasi Pusat Analisis Haji, Umrah, dan Bisnis Syariah diperkuat dengan para guru besar yang telah lama terlibat dalam proses penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yaitu Prof. Dr. H. Aswadi, M.Ag., Prof. Dr. H. Biyanto, M.Ag., dan Prof. Dr. H. Masruhan, M.Ag.

Selain peresmian Pusat Analisis Haji, Umrah, dan Bisnis Syariah, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ditjen PHU dengan UINSA tentang pelaksanaan sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah. Dalam waktu dekan, UINSA siap menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut. (Aglc)