Berita

UINSA Newsroom, Senin (21/08/2023); Upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 dengan tema, ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’ telah digelar di Lapangan Desa Mlawang, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang pada Kamis (17/08/2023). Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya juga turut serta hadir sebagai undangan yang diikuti kelompok KKN Desa Klakah, Mlawang, dan Papringan.

Penampilan unjuk kebolehan kelompok Pramuka Sangkala dari SMP Negeri 2 Klakah berupa yel-yel parade yang bertemakan Menjunjung Tinggi Solidaritas juga turut mewarnai sesi gelaran upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 kali ini. Dalam upacara tersebut Mahasiswa UINSA bernama Muhammad Syarif menjadi Komandan Kompi (Danpi) pasukan Tim KKN yang ada di Kecamatan Klakah.

Pembacaan Teks Proklamasi disampaikan langsung Lancar Budi Utomo, S.Pd., selaku anggota DPRD Kabupaten Lumajang. Detik-detik Pembacaan Proklamasi diikuti sirine yang dibunyikan dengan lantang dan kembang api turut menghiasi langit di lapangan tersebut.

Peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Babinsa, Banser, Satpol PP, pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain dari tamu undangan dan peserta upacara terdapat masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan serangkaian acara tersebut. Masyarakat sekitar antusias mengikuti upacara dari awal sampai akhir. Upacara ditutup dengan proses Mengheningkan Cipta yang dipimpin Camat Klakah selaku Inspektur Upacara dan pembacaan doa.

Penulis dan Foto: Tim KKN
Redaktur: Nur Hayati