Berita

UINSA Newsroom, Senin (21/08/2023); Beberapa mahasiswa UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya saat ini sedang menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler. Kegiatan KKN tersebut tersebar di 4 kabupaten yaitu: Nganjuk, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.

Kelompok 55 merupakan salah satu kelompok KKN UINSA yang saat ini sedang mengabdi di Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Kegiatan KKN ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli-25 Agustus 2023. Dalam periode KKN tersebut juga bersamaan dengan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Oleh karena itu, kelompok KKN 55 UINSA memiliki inisiatif untuk turut menyemarakkan peringatan ini dengan menggelar nonton bersama (nobar) film nasionalisme yang dilaksanakan pada Selasa (15/08/2023) di Balai Desa Klakah.

Acara tersebut terbuka untuk umum khususnya warga Desa Klakah dari beragam usia dengan fasilitas yang telah disediakan di balai desa, termasuk makanan ringan dan juga minuman. Pembawa acara juga menuturkan, bahwa acara nobar kali ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme.

Bellinda selaku pembawa acara menjelaskan, bahwa rasa nasionalisme memang bukan hanya lewat perjuangan seperti dahulu, tetapi juga dengan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia yang akan genap pada usia 78 tahun. Pada acara nobar oleh kelompok KKN 55 UINSA, dipilih film “Sang Kiai” (2013). Film Sang Kiai merupakan film yang mengangkat kisah nyata tentang perjuangan tokoh agama Islam, khususnya K.H Hasyim Asyari.

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk rasa nasionalisme dan dilanjutkan dengan menonton film Sang Kiai bersama warga. Saat acara nobar berlangsung, para penonton hanyut dalam suasana film tersebut dan seolah terbawa pada masa-masa perjuangan K.H Hasyim Asyari, para ulama lainnya, serta para santri Laskar Hisbullah.

Selain menonton film, juga diadakan beberapa kuis berhadiah untuk menambah keseruan dalam acara tersebut. Mulai dari anak kecil sampai dewasa silih berganti untuk menjawab kuis yang disediakan kelompok KKN 55 UINSA.

Acara nobar film nasionalisme ini juga mendapatkan respon positif penonton. Rifqy salah seorang peserta nobar mengungkapkan, bahwa untuk selanjutnya acara seperti ini harus dilakukan.

“Acara nobar seperti ini tentunya sangat positif, disamping sebagai ajang hiburan dan silaturahmi, tentu saja ada banyak manfaat lain. Saya jadi bisa membayangkan bagaimana perjuangan para pahlawan dahulu saat memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” ungkap Rifqy.

Nauval selaku Ketua kelompok KKN 55 UINSA Surabaya mengaku puas dengan pelaksanaan kegiatan Nobar tersebut. “Acara ini cukup memuaskan termasuk dalam hal kerjasama antar panitia, baik panitia internal maupun panitia dari teman-teman di aparatur desa,” tuturnya.

Selain itu, Nauval juga berharap untuk generasi-generasi baru agar tidak melupakan sejarah atas perjuangan hebat dari para pejuang dalam meraih Kemerdekaan Republik Indonesia. “Artinya dengan menonton itu kita harapkan adik-adik kita dan generasi berikutnya itu tetap mengingat sejarah betapa hebatnya pejuang-pejuang kita untuk meraih kemerdekaan di Republik ini,” tambah Nauval.

Sebagai generasi yang saat ini dapat menikmati keadaan Indonesia yang telah merdeka, harusnya dapat menjadikan setiap individu selalu bersyukur. Rasa syukur tersebut tentunya dengan selalu menjaga semangat nasionalisme dan berjuang untuk kemajuan bangsa ini.

Penulis: Rizqy AP dan Salsabila RA