Berita

FDK UINSA Newsroom (21/08/2023); Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan bangga mengumumkan acara Lauching SEA Colab. SEA Colab merupakan website yang bertujuan untuk menjembatani para dosen dan mahasiswa dengan pihak lembaga pendidikan terkait dan pemberi sponsor lintas negara di Asia Tenggara. Acara launching ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 Agustus 2023.

SEA Colab bertujuan untuk menciptakan wadah pertukaran gagasan yang akan mendorong partisipasi dari funder, host, dan collaborator. Platform ini merupakan realisasi dari kegiatan YSEALI Regional Workshop bertemakan Innovating International Higher Education di Hanoi, Vietnam, yang prototipe-nya menang dan dibiayai oleh US Embassy untuk mewujudkan prototipe tadi. SEA Colab dibentuk  oleh Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A, seorang dosen FDK UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai delegasi dari Indonesia, yang merupakan project manager dari SEA Colab beserta tim/rekan-rekannya di Asia Tenggara

“SEA Colab bertujuan untuk terus mendorong kolaborasi internasional dan membuka peluang baru dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” terang Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A, Project Manager SEA Colab.

Dalam mempersiapkan acara launching platform SEA Colab, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I mengungkapkan, “Kami merasa bangga dan bersemangat dalam meluncurkan SEA Colab. SEA Colab akan menjadi tempat di mana ide-ide cemerlang dan kolaborasi lahir sebagai trobosan baik di dunia pendidikan.”

“Kami percaya bahwa SEA Colab akan membuka jendela kolaborasi internasional, memberikan dampak yang berarti, bukan hanya bagi kami sebagai fakultas, tetapi juga bagi masyarakat luas. Kami mengundang semua yang berminat untuk ikut serta dalam acara ini, serta mengharapkan kolaborasi yang kokoh untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah,” lanjutnya.

Acara peluncuran pada tanggal 24 Agustus 2023 akan menghadirkan beragam akademisi, instansi pendidikan, dan perusahaan yang berkomitmen untuk mendukung pendidikan tinggi. Launching SEA Colab diselenggarakan secara hibrid. Menghadirkan Cultural Affairs Assistant di US Consulate General, launching SEA Colab akan dilanjutkan dengan presentasi dari Dr. Truong Nam Thang, Director of Center for Social Innovation and Entrepreneurship, National Economics University, Vietnam.