Berita

UINSA Newsroom, Rabu (15/05/2024); Rektor UINSA bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Provinsi Jawa Timur, resmi menandatangani Komitmen Bersama tentang Profiling Kompetensi Kepala Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada Rabu, 15 Mei 2024. Penandatanganan Komitmen Bersama berlangsung di Ruang Sabha Nugraha, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan dihadiri perwakilan Kepala Sekolah di Jawa Timur.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., hadir bersama Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), Dr. phil. Khoirun Niam serta Wakil Dekan bidang AUPK FPK, Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si. Sedangkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas, Dr. Aries Agung Paewai S.STP., M.M., hadir didampingi Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Dra. Ety Prawesti, M.Si.

Dalam sambutannya, Kadindik Prov. Jatim menyampaikan, bahwa kegiatan Profiling Kompetensi Kepala Sekolah yang bekerjasama dengan UINSA menjadi bagian dari komitmen Dinas Pendidikan Prov. Jatim untuk memajukan pendidikan dengan manajemen sekolah yang lebih baik lagi.

Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, menurut Kadindik, tidak bisa hanya menjadi wacana. Tapi harus diwujudkan dengan langkah konkrit, salah satunya dengan memperbaiki manajemen sekolah. “Jangan sia-siakan waktu kita dengan hal yang rutinitas, yang tidak ada perubahan sama sekali,” ujar Dr. Aries.

Sementara itu, Rektor dalam sambutannya menyambut baik kerjasama antara UINSA dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hal ini menjadi bagian dari kemuliaan bersama yang dibangun melalui dunia pendidikan. Prestasi Jawa Timur di dunia pendidikan, lanjut Rektor, capaiannya selalu melampaui capaian nasional. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya keberadaan kepala sekolah.

Profiling, its more than assessment. Lebih dari asesmen. Ada tahapan lagi setelah asesmen namanya background verification. Yaitu uji tentang latar belakang,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor secara khusus juga menyampaikan, bahwa selain kerjasama ini, UINSA juga membuka peluang ‘karpet merah’ bagi siswa-siswi berprestasi untuk kuliah di UINSA. “Terimakasih Pak Kadis, kami diajak serta untuk membangun kemuliaan warga Jawa Timur melalui sektor pendidikan,” imbuh Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya