Briefing mekanisme dan alur pelatihan oleh instruktur

Surabaya, 23 September 2023 – Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang akan mempertajam keterampilan mahasiswa Program Studi Arsitektur dan merubah pandangan mereka terhadap keselamatan di tempat kerja.

Simulasi pemadaman kebakaran menggunakan karung goni

Pelatihan K3 berlangsung dalam dua tahap intensif. Tahap pertama, sesi teori dilaksanakan pada Jumat, 22 September 2023, pukul 18.00 WIB. Pada sesi ini, pemateri yaitu Ir. Teguh Taruna, M.T. dan Muh. Ma’arif, S.Pd. memberikan pemahaman mendalam tentang K3 kepada mahasiswa. Mereka akan diperkenalkan dengan konsep-konsep penting dan best practice yang relevan dalam bidang arsitektur.

Simulasi pemadaman kebakaran menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jenis powder

Tahap kedua, sesi praktik adalah puncak dari pelatihan ini dan telah dilaksanakan pada Minggu, 24 September 2023, pukul 07.30-12.00 WIB. Mahasiswa turun ke lapangan, menghadapi situasi nyata, dan mempraktikkan pengetahuan yang telah mereka peroleh. Puncak acara ini adalah pengarahan khusus mengenai sistem pemadaman api yang melibatkan penggunaan Karung Goni, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan Sistem Hydrant, yang disampaikan oleh instruktur berpengalaman: Danru Udin, Danru Ali, dan Danru Huda. Tidak lupa, pengarahan dan simulasi kondisi darurat di lift juga disampaikan oleh para instruktur.

Simulasi penggunaan sistem hydrant dilakukan oleh mahasiswa secara berkelompok

“Kami percaya bahwa mahasiswa Arsitektur adalah agen perubahan di masa depan industri. Oleh karena itu, kami memprioritaskan pelatihan K3 ini untuk mempersiapkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memastikan tempat kerja khususnya di laboratorium yang lebih aman dan sehat,” ujar Ninik Fadhillah, M.Si tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Lab FST UINSA.

Simulasi kondisi darurat pada lift dan first action untuk mengatasi serta menghadapinya

Acara ini juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkolaborasi dengan instruktur K3 berpengalaman, membangun jaringan yang kuat, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.