Berita

UINSA Newsroom, Senin (09/10/2023); Masih dalam rangka akselerasi pendirian Fakultas Kedokteran, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pun menandatangani kerjasama dengan UIN Jakarta, pada Jumat, 6 Oktober 2023. Rombongan UINSA Surabaya diterima langsung Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D.

Rombongan UINSA dipimpin langsung Rektor, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Turut mendampingi, Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Dr. phil. Khoirun Niam; Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Ali Mustofa M.Pd.; Kepala Pusat Pengembangan Bisnis, Kusnul Prianto, ST, MT, IPU.; Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Aris Fanani, M.Kom.; Kabag Umum, Ikhwan Priyantono, S.Kom.; serta Koord. Keuangan, Emy Tyartiani, S.E., M.M.

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Din Wahid M.A., Ph.D., serta sejumlah pejabat lain seperti Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Achmad Zaki, M.Epid., Sp.OT. FICS, dan para wakil dekan Fakultas Kedokteran lainnya.

Pada kunjungan ini, kedua pimpinan perguruan tinggi ini sepakat menekan kerjasama akselerasi pengembangan akademik masing-masing. Salah satu area kerjasama kedua perguruan tinggi adalah pemberian dukungan pendirian Fakultas Kedokteran di lingkungan UINSA Surabaya.

Dalam pengantarnya, Rektor UINSA mengungkapkan, tujuan kunjungan kali ini merupakan bagian dari penguatan kerjasama sesama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Rektor juga menuturkan, kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai benchmarking pengembangan akademik UINSA Surabaya.

Lebih jauh, Rektor UINSA mengungkapkan, kunjungan dilakukan sebagai bagian dari realisasi pembukaan Fakultas Kedokteran di UINSA. “Kami datang ke UIN Jakarta untuk menyempurnakan doa kami yang hilang dari doa Allohumma inna nas’aluka salamatan fiddin wa ‘afiyatan filjasad,” tandasnya.

Untuk itu, lanjut Rektor, benchmarking Fakultas Kedokteran sekaligus penandatanganan kerjasama dengan UIN Jakarta yang telah lebih awal membuka fakultas tersebut jadi bagian tidak terpisahkan.

Rektor UIN Jakarta pun menyambut baik kunjungan yang dilakukan Rektor dan pimpinan lain UINSA Surabaya. Menurutnya, kunjungan dan inisiatif kerjasama dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran sejalan dengan dorongan pengembangan akademik Kementerian Agama RI terhadap berbagai PTKIN di tanah air.

“Kami menyambut baik atas kunjungan Pak Rektor dan Pimpinan lain UIN Sunan Ampel Surabaya yang begitu bersemangat. Ini juga sejalan dengan milestone Kementerian Agama RI, termasuk UIN Sunan Ampel sendiri, dalam mengembangkan bidang keilmuannya,” paparnya. (*)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: Tim Akselerasi FK UINSA