Berita

Berita Magang MBKM Prodi MPI:

Spot nan Elok dan Belajar Arsip Digital

 

LOUNGE Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Tempat-tempat yang instagramable tidak hanya bisa dilihat tempat-tempat outdoor, di dalam ruanganpun dapat dijadikan sebagai tempat yang eksotik untuk berfoto. Setidaknya itu kesan awal para maganger MPI di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Mengawali observasi tanggal 21 Februari 2024, para maganger masuk ke blok depan kantor dan disuguhi dengan lounge. Tempat ini sangat nyaman, hening dan dingin. Diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur di tahun 2023, lounge memiliki banyak fungsi. Bisa untuk ruang podcast¸ruang pers, dan ruang tunggu. “Saat melakukan survey tempat, kami menemukan tempat aesthetic untuk berdiskusi”, ungkap Syaifuddin, salah seorang magangers.

Selain Syaifuddin, ada beberapa maganger lain di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, yatu Yeni Endiana, Mas Achmad Muhammad Ulul Azmi, Moch Ilham Ardiansyah, Moch Rizky Kurniawan, dan Selmanda Fadilatus S. Mereka mengaku sangat tertarik dengan tata letak dan kenyamanan kantor ini.

foto bersama pembimbing dan dosen pamong

Secara khusus mereka juga tertarik dengan ruang tunggu literasi yang berada di lantai 2. “Kami bersama dosen pamong mengunjungi salah satu ruang di dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yakni ruang tunggu literasi”, papar Syaifudin. Ruang Tunggu Literasi berada di lantai 2 tepatnya di depan ruangan kepala dinas. Di ruang literasi ini tempatnya sangat nyaman untuk bersantai, membaca buku, mengerjakan tugas dan ruangannya juga aesthetic. “Terdapat banyak koleksi buku dari berbagai bidang ilmu”, imbuhnya.

Ruang Tunggu Literasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Pada minggu awal di kantor Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur selain melakukan observasi, para maganger juga telah belajar banyak tentang keadminstrasian. “Kami telah sedikit banyak mendapat tugas ke-administrasian. Tentang manajemen arsip digital, entry dan penyajian data grafik (Bar Chart dan peta persebaran), statistika deskriptif dan infografis”, jelas Syaifuddin. Dari berbagai tugas itu, ia juga menegaskan bahwa tugas-tugas yang diberikan itu selaras dengan apa yang sudah dipelajari saat perkuliahan di kelas. Semoga pelaksanaan magang sukses dan tata ruang yang estetik bisa menginspirasi kantor-kantor lain. (sy/as/fr).