Berita

UINSA Newsroom, Rabu (25/09/2024); Dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag., UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meresmikan Gedung Labschool Kampus A. Yani UINSA Surabaya, pada Rabu, 25 September 2024.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menjelaskan, bahwa indikator kehebatan salah satunya adalah banyaknya perguruan tinggi di kota Surabaya. “UIN Sunan Ampel karena menjadikan Surabaya sebagai nomenklatur kelembagaan, maka perkembangan UIN Sunan Ampel Surabaya tidak jauh-jauh dari perkembangan Kota Surabaya,” ujar Prof. Muzakki.

Peresmian Gedung Labschool, jelas Rektor, merupakan salah satu bentuk kolaborasi UINSA dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan. “Kolaborasi kami dengan Pemkot Surabaya ini sangat besar sekali termasuk diantaranya adalah tentang Labschool,” imbuh Prof. Muzakki.

Rektor secara khusus juga melaporkan kepada Dirjen Pendis, bahwa saat ini tengah menggagas operasionalisasi labschool untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah Negeri di tanah eks Fakultas Tarbiyah IAIN SA di Bojonegoro. “Proses ini semua sedang kita hitung bersama-sama termasuk dengan BSI,” jelas Prof. Muzakki.

“Yang kami tahu bahwa, kami harus bekerja keras untuk membayar lunas amanah yang diberikan Pak Dirjen, Menteri Agama untuk membangun PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya ini dengan konsep yang sedang kami bangun bersama-sama namanya engaged university, yaitu kampus yang tidak jauh-jauh dari masyarakat,” terang Prof. Muzakki.

Sementara itu, Dirjen Pendis dalam arahannya menyampaikan, bahwa UINSA Surabaya mengalami perkembangan yang luar biasa. Bahkan dalam kesempatan ini, ada tiga ijin sekaligus yang diserahkan yakni ijin operasional KB, TPA, dan TK. “Saya rasa ini akan menjadi tempat yang akan menyaingi Fakultas karena dipegang oleh Bunda-Bunda yang hebat,” ujar Prof. Abu Rokhmad.

Dirjen Pendis dalam kesempatan ini berpesan tiga magic word yang harus diingat yakni prestasi, reputasi, dan rekognisi. “Tidak perlu banyak branding, cukup menggunakan UINSA tempat ini akan menjadi tempat yang reputasinya unggul dan menjadi pilihan utama,” ujar Prof. Abu Rokhmad.

Dalam kesempatan ini juga hadir dan menyerahkan secara langsung surat ijin penyelenggaraan KB, TPA, TK Labschool UINSA dari Kepala Dinas Pemerintahan Kota Surabaya, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal (PPNF) Kota Surabaya, M. Sofyan, S.Pd., M.Si. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rika