Indonesia
English
عربي
简体中文
Français
हिन्दी
Español
Italiano
Português
Русский
Berita
Column UINSA
Pengumuman
Agenda
Menu
Berita
Column UINSA
Pengumuman
Agenda
Podcast
UINSA2023
RectorInsights
Menu
Podcast
UINSA2023
RectorInsights
Akademik
Akreditasi
Fakultas dan Pascasarjana
Fakultas Kedokteran
Fakultas Adab dan Humaniora
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fakultas Psikologi & Kesehatan
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Tarbiyah dan keguruan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Pascasarjana
Kegiatan Kemahasiswaan
Penunjang Perkuliahan
Akomodasi
Biaya Hidup
Fasilitas Kampus
Kuliner
Budaya Kampus
Transportasi
Layanan Publik
Tentang UINSA
Visi, Misi, & Tagline
Sejarah UINSA
Filosofi Lambang
Profil Pimpinan
Struktur Organisasi
Biro
Lembaga
UPT
Dosen
Tenaga Kependidikan
Penerimaan Mahasiswa Baru
Informasi
Berita
Pengumuman
Agenda
Column UINSA
Tugas Kuliah
Publik
Penelitian dan Publikasi
Jurnal
Digital Library
Proceedings
International Students
Menu
Akademik
Akreditasi
Fakultas dan Pascasarjana
Fakultas Kedokteran
Fakultas Adab dan Humaniora
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fakultas Psikologi & Kesehatan
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Tarbiyah dan keguruan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Pascasarjana
Kegiatan Kemahasiswaan
Penunjang Perkuliahan
Akomodasi
Biaya Hidup
Fasilitas Kampus
Kuliner
Budaya Kampus
Transportasi
Layanan Publik
Tentang UINSA
Visi, Misi, & Tagline
Sejarah UINSA
Filosofi Lambang
Profil Pimpinan
Struktur Organisasi
Biro
Lembaga
UPT
Dosen
Tenaga Kependidikan
Penerimaan Mahasiswa Baru
Informasi
Berita
Pengumuman
Agenda
Column UINSA
Tugas Kuliah
Publik
Penelitian dan Publikasi
Jurnal
Digital Library
Proceedings
International Students
Pusat Pengembangan Bahasa (P2B)
September 25, 2024
Pusat Pengembangan Bahasa UINSA Susun Buku Ajar Inovatif untuk Program Bahasa Inggris Level B2
Berita
Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan kegiatan penyusunan buku ajar Bahasa Inggris Level B2 pada Rabu, 25 September 2024. Bertempat di GreenSA Inn, Jl. Raya Bandara Juanda, Sedati, Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh para pengajar intensif Bahasa Inggris UINSA, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris maupun Kordinator Bahasa Inggris Fakultas yang berperan dalam pengembangan kurikulum dan bahan ajar untuk program kelas intensif Bahasa Inggris di UINSA.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama menyusun modul pembelajaran yang sesuai dengan standar internasional dan dapat digunakan secara efektif dalam pengajaran Bahasa Inggris, khususnya pada level B2. Level ini merupakan level bahasa tingkat menengah atas yang dirancang untuk membantu peserta didik mencapai kemahiran berbahasa Inggris yang lebih tinggi. Penyusunan buku ajar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di UINSA. Rizka Safriyani, M.Pd, Kordinator Bahasa Inggris Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, menyampaikan bahwa buku ini direncanakan akan digunakan sebagai materi persiapan pembelajaran IELTS bagi mahasiswa yang memiliki level bahasa B2 maupun bagi peserta umum yang ingin mengikuti kursus IELTS di UINSA.
Kegiatan ini menghadirkan Shinta Harini, M.A., Ketua Kurikulum Material dan Tes Lembaga Indonesia Amerika Jakarta sekaligus praktisi bahasa Inggris, sebagai narasumber utama. Proses penyusunan buku ajar ini melibatkan beberapa tahapan, mulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran, perancangan struktur modul, hingga pengembangan konten yang meliputi aspek tata bahasa, kosa kata, serta keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Setiap aspek ini disusun agar sesuai dengan kebutuhan pembelajar pada level B2, dengan harapan mereka dapat menguasai bahasa Inggris secara lebih mendalam, baik untuk keperluan akademik maupun profesional.
Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pentingnya strategi penyampaian materi yang sesuai dengan perkembangan metode pembelajaran bahasa asing yang semakin modern. Pendekatan interaktif dan berorientasi pada peserta didik turut dipertimbangkan agar buku ajar yang dihasilkan dapat memotivasi mahasiswa dan memudahkan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pusat Pengembangan Bahasa UINSA berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas bahan ajar yang digunakan dalam program intensif bahasa Inggris. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya strategis dalam meningkatkan standar pengajaran bahasa asing di UINSA. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan buku ajar yang disusun dapat segera diimplementasikan dalam kelas-kelas bahasa Inggris di UINSA. Program penyusunan buku ajar serupa juga direncanakan akan diadakan secara berkala guna memperbarui bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan di masa depan.
Post navigation
RESMIKAN GEDUNG LABSCHOOL, UINSA TERIMA IJIN PENYELENGGARAAN KB, TPA, TK DARI PEMKOT SURABAYA
Menggali Kebijaksanaan Kuno untuk Dunia yang Terus Berubah
Search
Search
Simulasi dan Validasi Data LKPS-LED dalam Persiapan Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika
by Prodi Pendidikan Matematika
January 15, 2025
HIDUP TERENCANA, BUKAN MENGALIR SAJA
by UIN Sunan Ampel Surabaya
January 15, 2025
Daftar Mata Kuliah Prodi BKI UINSA Semester Genap Tahun 2024/2025
by Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
January 15, 2025
The Hidden Heroes: Ketika Mayoritas Nilai Akreditasi Bertumpu pada Pundak Dosen
by Fakultas Dakwah dan Komunikasi
January 15, 2025
Prodi PMI UIN Sunan Ampel Surabaya Bahas Strategi MBKM dan Penguatan Akhlakul Karimah
by Prodi Pengembangan Masyarakat Islam
January 15, 2025
Perkuliahan Semester Genap 2025 Dimulai di UINSA pada 3 Februari
by Prodi Pendidikan Matematika
January 14, 2025
Pendaftaran Yudisium Wisuda ke-110 UIN Sunan Ampel Surabaya
by Prodi Pendidikan Matematika
January 14, 2025
Open Recruitment Calon Tutor ICT 2025
by pustipd
January 14, 2025
SOLIDARITAS SOSIAL DAN REDISTRIBUSI EKONOMI DALAM BELASUNGKAWA
by UIN Sunan Ampel Surabaya
January 14, 2025
OPTIMIS MENATAP INTERNASIONALISASI KAMPUS
by Fakultas Ilmu Sosial & Politik
January 14, 2025