Berita

UINSA Surabaya_ Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik antusian mengikuti seminar safety riding di auditorium Lt. 5 FISIP UINSA Surabaya, Seni, (26/09/2023).

Kegiantan seminar tersebut mengusung tema “Bangga Menjadi Generasi Cari #Aman”. Tema ini dipilih sebagai  bentuk konsistensi PT. Jasa Raharja, PT. Trio Motor Honda dan Polres Kota Surabaya dalam mengampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya.

Seminar ini berisi pengenalan tentang tata cara berkendara yang baik dan benar, baik bagi pengendara roda dua maupun roda empat, dan tata cara berlalu lintas yang baik dan tertib sesuai aturan lalu lintas. Menurut pemateri, adanya kecelakaan atau laka yang terjadi di jalan raya disebabkan sebagian besar karena pengendara belum tahu bagaimana berkendara yang aman serta kurangnya kesadaran akan berlalu lintas yang baik di jalan raya.

Kegiatan seminar safety riding ini menyasar kelompok mahasiswa, dengan harapan mahasiwa sebagai masyarakat terpelajar bisa menjadi contoh bagaiamana berkendara yang baik. Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya berlalu lintas dengan tertib demi keamanan, kenyamana dan keselamatan.      

Pemateri berharap, para mahasiswa bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya ketika berkendara di jalan raya. “paling tidak, mahasiswa memahami bagaimana berkendara di jalan raya yang baik, sehingga tumbuh kesadaran berlalu lintas dengan baik” terangnya   

Sementara itu, sebagian mahasiswa  merespon sejumlah fenoema di masyarakat seperti fenomena berkendara yang suka lawan arus hingga fenomena emak-emak dalam berkendara. Menurut mereka banyak di sosial media yang menggambarkan emak-emak yang belum memahami cara berkendara yang sesuai setandar umum dalam berkendara sehingga kerap kali menimbulkan laka di jalan raya. “misalnya cara memotong marka dan yang terkadang tidak menggunakan lampu” ungkapnya  

Dalam kesempatan ini, disampaikan bahwa kecelakaan tidak hanya terjadi kepada emak-emak melainkan ke semua pengendara akibat tidak paham bagaimana berkendara. Hanya saja yang viral sebagian besar dilakukan emak-emak. Padahal secara keseluruhan setiap pengendara yang kurang hati-hati dalam berkendara dan tidak tertib lalu lintas sangat berpotensi menimbukan kecelakaan di jalan raya.

Untuk sekedar diketahui, seminar ini merupakan kerjasama antara PT. Trio Motor Honda dengan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya serta kolaborasi dengan PT. Jasa Raharja dan Polres Kota Surabaya.