UINSA Surabaya_Menjelang perkuliahan semeter gasal tahun akademik 2023/2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA Surabaya) melaksanakan rapat persiapan perkuliahan semester gasal, kamis, (03/08/2023)

Rapat persiapan perkuliahan semester gasal ini membahas sejumlah rencana strategi bisinis dan evaluasi kinerja manajemen FISIP selama satu semester di tahun akademik 2023/2024. Rapat yang dikemas dalam bentuk rapat dosen tersebut, dihadiri  oleh seluruh manajemen mulai dari Dekan, Wakil Dekan I, Bidang Akademik, Wakil Dekan II, Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Keuangan (AUPK),  Wakil Dekan III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Laboratorium dan Gugus Kendali Mutu (GKM) FISIP UINSA Surabaya, Ketua dan Sekretaris Program Studi, dan seluruh dosen dari tiga program studi : sosiologi, ilmu politik dan hubungan internasional.

Menurut, Prof. Dr. H. Abd Chalik, M.Ag., Dekan FISIP, bahwa forum rapat dosen ini sangat penting guna mendorong peningkatan kualitas mutu layanan dan kualitas mutu akademik. Karena dua hal tersebut menjadi entri point dari bisnis akademik fakultas. Di mutu akademik, Prof. Dr. H. Abd Chalik, M.Ag mengatakan, bahwa dosen menurut undang-undang memiliki dua tugas utama yaitu sebagai pendidik dan ilmuan.

Sementa Wakil Dekan III, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si memaparkan sejumlah rencana strategis di bidang kemahasiswaan dan kerjasama, diantaranya berupa rencana kerjasama penelitian dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), kerjasama bimbingan teknis Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso, penelitian bersama Bappeda Jawa Timur, kerjasama bimbingan teknis DPRD Kabupaten Gresik, kerjasama penyusunan Naskah Akademik dan Ranperda DPRD Kabupaten Gresik, kerjasama bimbingan teknis DPRD Kabupaten Sumenep, sekolah politik Partai Gerindra dan bimbingan teknis anggota DPRD PKB Jawa Timur. Sementara khusus kerjasama penysunan Naskah Akademik (NA) dan Ranperda DPRD Kabupaten Lumajang tengah dalam proses penyelesaian.

Selain itu, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar M.Si, menyampaikan bahwa FISIP juga tengah melakukan rekognisi internasional berupa kerjama KKN Internasiolan dengan PCI NU Malaysia dan Pondok Pesantren An-Nahdlah yang akan dilakukan di bulan Agustus-September 2023. Sementara terkait kemahasiswaa, terutama pendampingan peningkatan prestasi mahasiswa masih dicarikan formulasi yang bisa mengakomudir minat dan bakat mahasiswa.   

Selanjutnya, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatu Izzah, M.Si menjelaskan sejumlah capaian kinerja di bidang akademik di antaranya : berhasi melakukan review kurikulum tiga program studi, menyiapkan Akreditasi Prodi Ilmu Politik dan Hubungan Internasional BAN-PT dan FIBAA, berhasil menaikkan capaian jumlah tingkat Kelulusan Tepat Waktu (KTW), menyusun dan menyiapkan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), menyusun pembaharuan panduan skripsi, menyusun panduan KKN Internasional, menyiapkan dan menfasilitasi kelas internasional, melakukan lecture exchange dengan perguruan tinggi lain, dan melakukan ploting mata kuliah bagi dosen.

Adapun untuk kelas internasional, di semester gasal tahun akademik 2023/2024 akan kedatangan 7 mahasiswa asing diantaranya dari Gambia Afrika Barat, Afganistan, Turkey, Timur Leste dll.
Sementara itu, Gugus Kendali Mutu (GKM) FISIP UINSA Surabaya juga melaporkan kinerja GKM dalam satu semester terakhir seperti monitoring terhadap perkuliahan, monitoring rencana pembelajaran semister (RPS) dan melakukan pendampingan penyesuaian RPS sesuai template yang sudah ditetapkan. Hingga monitoring ketertiban dosen dalam mengaploud RPS, tugas, UTS dan UAS.

Selanjutnya, Muhammad Qobidl Ainul Arif, M.A, Kepala Laboratorium FISIP menjelaskan sejumlah capaian diantaranya ialah melakukan kegiatan manajemen pengelolaan jurnal seperti telah melaksanakan pelatihan OJS, Couching Klinik Jurnal, koordinasi dan mitigasi submisi akreditasi jurnal, penugasan dosen untuk penulisan jurnal. Selain itu, laboratorium juga sedang melakukan riset berbasis lab dalam bentuk riset kolaborasi dosen dan mahasiswa, yang nantinya output laporannya berupa artikel jurnal, juga telah menfunsikan laboratorium sebagai media praktik bagi mahasiswa.

Khusus untuk semester ini, laboratorium akan melakukan akreditasi jurnal dan menfasilitasi kegiatan-kegiatan praktikum bagi mahasiswa, terutama bagi mata kuliah yang memiliki muatan praktikum.