Berita

Selasa 17/1, tepat jam 08.30 kegiatan rutin pendampingan ISO 21001:2018 untuk 9 program studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dipandu oleh Ahmad Fauzi, M.Pd selaku Koordinator Tim Pelaksana ISO 21001:2018 dihadiri oleh semua unsur dari jurusan dan program Studi.  ISO seri 21001: 2018 merupakan standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu bagi organisasi pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya dengan memberikan pendidikan yang bermutu.

Standar ini merupakan turunan dari ISO 9001:2015. Standar ISO 21001 memiliki prinsip-prinsip yang mendorong lembaga pendidikan untuk menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial serta mampu menyediakan layanan pendidikan yang dapat diakses secara adil bagi peserta didik. Tujuan utama dari Standar ISO 21001: 2018 adalah untuk mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan lainnya.

Adi Gunawan sebagai konsultan, menyampaikan  bahwa “standar ISO 21001: 2018 yang akan diterapkan  di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya berisi tentang apa saja yang harus dilakukan (what to do) dan bagaimana prosesnya (how to do)  pada masing-masing program studi”. Lebih lanjut disampaikan terkait dengan digitalisasi arsip prodi dalam rangka mempercepat tranformasi digital semua aktifitas manajemen yang dilaksanakan pada masing-masing prodi. Tidak hanya mempersiapkan kelengkapan dokumen semua program Studi tetapi juga dalam rangka mempersiapkan tagihan dokumen yang dibutuhkan  dalam proses akreditasi  Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Sejalan dengan kegiatan ini, Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag. M.Pd menyampaikan digitalisasi arsip prodi Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya berbasis sertifikasi ISO 21001:2018 diarahkan sebagai bentuk pengakuan atau suatu persyaratan administratif yang biasa diminta oleh organisasi pendidikan dalam suatu supra sistem rantai pasok supply chain produk tertentu.

Lebih lanjut,  disampaikan bahwa penerapan ISO 21001:2018 dalam rangka Quick Wins Digitaliasasi Arsip Prodi dengan cara membangun dan menerapkan suatu sistem manajemen organisasi pendidikan di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk kebutuhan dan kepentingan pengelolaan kinerja organisasi kaitannya dengan sistem manajemen yang akuntabel tidak hanya lembar sertifikat tujuannya, namun kegitan ini diharapkan mampu berimplikasi  terhadap akreditasi program Studi yang unggul  dan berdaya saing. 

Kegiatan ini diselenggrakan dalam rangka verifikasi dan validasi progress detail arsip Program Studi yang dipenuhi oleh semua program studi. Pembahasan ini juga terkait dengan progress pemenuhan arsip prodi berbasis MyUINSA The Campus Super Apps  terutama dalam penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang  dikembangkan oleh Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Ampel Surabaya.  Kegiatan ini ditutup  dengan Penyusunan Tindak lanjut pemenuhan dokumen Arsip prodi untuk mempersiapkan Audit stage 1 penerapan  ISO 21001:2018 serta penandatanganan komitmen mutu.