Sidoarjo – (30/08/2023) Kembali sambut International Conference, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya selenggarakan “The 3rd International Conference Sustainable Health Promotion (ICOSHPRO)”. Isu global yang berdampak pada perilaku menjadi tema diangkat pada pagi, 30 Agustus 2023. Baik di masa pandemi maupun pasca pandemi Covid-19 dinilai menyebabkan penyimpangan perilaku serta moral individu menjadi lebih miris.

Tak hanya para dosen & dekan yang menghadiri acara ini, melainkan adapula tiga orang narasumber hebat dari berbagai Institusi. Pembicara pertama ialah Dr. Jamilah Hanum Abdul Khaiyom, seorang dosen pengajar program Magister di Department of Psychology International Islamic Univeristy Malaysia. Selanjutnya ada Dr. Imran Agus Nurali yang menjabat sebagai Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Terakhir ada Prof. Dr. Ir. Trina Astuti, M. PS., seorang Ketua Pengembangan Kerjasama Kelembagaan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI).

Acara ICOSHPRO 2023 dibuka dengan penampilan Tari Sorote Lintang dari Banyuwangi yang dibawakan oleh tim tari Unit Kegiatan Mahasiswa Musik Psikologi (UKM MUGI). Lalu acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne UINSA yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta. Tak lupa, pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh Bagus Muzakki—salah satu mahasiswa psikologi UINSA.

Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. phil Khoirun Ni’am. Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan itu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir, juga kepada semua pihak yang ikut serta dalam membantu berjalannya acara ICOSHPRO 2023. Bebagai macam perilaku individu yang jadi lebih tidak terkontrol di saat dan sesudah pandemi Covid-19 melatarbelakangi pria berjas rapi itu mengangkat tema dalam ICOSHPRO 2023 ini. Harapannya bahwa FPK dapat turut serta dalam mengatasi persoalan yang sedang terjadi di masyarakat.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. yang sekaligus membuka acara ICOSHPRO 2023. Sambutan yang diberikan oleh Rektor III UINSA itu menuturkan bahwa, “Masih ada indikasi penyimpangan perilaku di masa pasca pandemi, terutama karena seiring dengan bantuan digital yang membuat kehidupan menjadi jauh lebih mudah, dan membuat masyarakat sangat bergantung kepada digitalisasi tersebut. Hal inilah yang menyebabkan perubahan perilaku kesehatan dalam lingkup masyarakat.”

Di akhir sambutannya, pria yang sempat menjabat sebagai Dekan FPK itu tersebut juga menyampaikan rasa syukurnya terhadap UINSA yang sudah mulai bergerak sebagai kampus yang memiliki peran dalam lini kehidupan masyarakat—dengan adanya sebuah program. Program yang dimaksud adalah University Community Engagement (UCE). Harapannya, semoga UCE ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: Ayda Zaqiyatunnisa