Pada hari pertama perkuliahan semester 7 di Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan, mahasiswa menerima pengarahan penting dari berbagai pihak, termasuk Program Studi, Jurusan, dan wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan. Pengarahan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan arahan mengenai tugas dan tanggung jawab mahasiswa semester 7 serta langkah-langkah yang harus diambil dalam menyelesaikan tugas akademik di semester ini.

Mahasiswa semester 7 diwajibkan untuk mengambil total 15 SKS mata kuliah wajib dan 6 SKS mata kuliah pilihan. Salah satu mata kuliah pilihan yang wajib diambil adalah mata kuliah skripsi. Mahasiswa semester 7 memiliki tanggung jawab besar dalam menyelesaikan skripsi dan mata kuliah lainnya, sehingga komitmen dan kedisiplinan dalam menghadapi tugas-tugas ini sangat ditekankan.

Tugas utama bagi mahasiswa semester 7 adalah menyusun rencana yang detail untuk menyelesaikan mata kuliah skripsi, yang memiliki beban 6 SKS. Proses ini melibatkan berbagai tahapan penting, seperti menyusun proposal skripsi, mendapatkan bimbingan dari dosen pembimbing, mengikuti seminar proposal, dan akhirnya menghadapi sidang skripsi. Mahasiswa diingatkan untuk merencanakan waktu dan upaya yang diperlukan untuk setiap tahapan ini.

Untuk membantu mahasiswa dalam mengatur waktu dan tugas-tugas mereka, disarankan agar mereka membuat timeline yang rinci untuk menyelesaikan semua mata kuliah dengan baik, termasuk skripsi. Langkah ini dianggap penting dalam memastikan bahwa mahasiswa dapat menghadapi tantangan akademik dengan lebih efektif.Tahun akademik 2023/2024 telah menetapkan jadwal pelaksanaan wisuda, yakni wisuda 105, 106, 107, atau 108. Mahasiswa diingatkan untuk menjaga kelancaran studi agar dapat lulus tepat waktu, yaitu dalam kurun waktu 4 tahun.Dalam menghadapi tugas skripsi, mahasiswa mendapatkan panduan mengenai langkah-langkah yang harus diambil. Mulai dari penyusunan proposal skripsi, penentuan dosen pembimbing, pelaksanaan bimbingan skripsi, hingga proses pendaftaran dan pelaksanaan sidang skripsi.

Mata kuliah skripsi akan dipantau secara berkala oleh program studi. Sesuai jadwal tiap hari Senin, pukul 08.00-12.00, akan ada monitoring terhadap kemajuan dan perkembangan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan memiliki kedisiplinan dan kemampuan manajemen waktu yang baik.Dengan mengikuti langkah-langkah dan arahan yang telah disampaikan, serta dengan mengikuti timeline yang telah dibuat, mahasiswa diharapkan dapat mengatasi tantangan akademik di semester ini dengan lebih baik. Hal ini akan membantu mereka meraih kelulusan tepat waktu dan berhasil menyelesaikan studi dengan prestasi yang baik. (GKM FPK)