Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Tuesday, 15 March 2022

Perdana Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Mengajak Lansia dan Dharmawanita UPT PSTW Jember Bahagia melalui Psikoedukasi

Perdana Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Mengajak Lansia dan Dharmawanita UPT PSTW Jember Bahagia melalui Psikoedukasi

Jember – Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui kegiatan Psikoedukasi telah mampu memberikan kebermanfaatan bagi para penghuni panti/UPT dibawah naungan Dinas Sosial pada umumnya serta bagi dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Psikologi dan Kesehatan pada khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat.

Pada Kamis tanggal 10 Maret 2022 Fakultas Psikologi dan Kesehatan perdana melakukan Pseikoedukasi di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Jember yang berlokasi di Krajan I, Kasiyan Tim., Kec. Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164. Narasumber Psikoedukasi oleh Hj. Tatik Mukhoyyaroh, M.Si., Ibu Esti Novi Andyarini, M.Kes, dan Moch. Mansyur. Dengan tema materi yang diusung yaitu “Sehat Fisik dan Psikis pada Lansia”.

Kegiatan psikoedukasi berlangsung di Aula UPT PSTW Jember yang diikuti oleh kurang lebih 70 penghuni panti, kepala PSTW, kepala seksi Bimbingan Sosial dan Kepala TU serta ketua dan 8 anggota Dharma Wanita UPT PSTW Jember. Kegiatan diawali dengan perkenalan, penyampaian materi edukasi secara psikis Hj. Tatik Mukhoyyaroh, M.Si. dilanjut dengan edukasi terkait perubahan fisik lansia dan tips lansia sehat serta Bahagia yang disampaikan oelh Esti Novi Andyarini, M.Kes. Disela kegiatan peserta diajak untuk relaksasi ringan untuk merangsang sedikit daya konsentrasi dan daya ingat dengan senam tangan dan jari. Kegiatan ditutup dengan istighosah bersama yang dipimpin oleh Moch. Mansyur.

“Alhamdulillah Mbah-mbah disini sangat antusias dengan kegiatan Perdana psikoedukasi yang diberikan oleh Fakultas Psikologi Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya” tutur Kepala UPT PSTW Jember Bapak Drs . T. Djokosumbowo M. Si. “Terlihat sekali semangatnya dalam bertanya dan berkonsultasi terkait materi maupun tentang kondisi kesehatan yang dialami” Kepala Seksi Bimbingan Sosial UPT PSTW Jember Dra Eni Tri Nuraini menambahkan.

Esti Novi Andyarini, M.Kes. mengatakan “Saya Salut dengan semangat para penghuni panti yang luar biasa selama kegiatan psikoedukasi. Tidak ada yang mengantuk, bahkan diakhir acara salah satu penghuni panti yaitu mbah Yono berusia 84 tahun memimpin menyanyi Mars Lansia dengan suara dan kondisi tubuh yang penuh semangat”.