Berita

@UIN Sunan Ampel Surabaya

Monday, 7 February 2022

UINSA Newsroom, Senin (07/02/2022); Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) resmi dibuka pada 7-28 Februari 2022. Jenis sekolah yang dapat mendaftar antara lain SMA, MA, atau sederajat yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Selanjutnya Pendididikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), dan Pesantren Mu’adalah yang sumber datanya terdaftar di Dapodik atau EMIS. Sementar itu, bagi sekolah PDF, PKPPS, dan Pesantren Mu’adalah, yang tidak terdaftar di Dapodik atau EMIS, sekurangnya memiliki izin operasional dari Kementerian Agama (Kemenag).

Bagi sekolah yang sudah memiliki akun PDSS, dapat login di laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Sedangkan bagi sekolah yang belum memiliki akun PDSS, dapat mendaftarkan dengan melakukan permohonan ke laman yang sama.

Alur pendaftaran menggunakan NPSN

Pertama, daftarkan sekolah dengan mengakses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Pendaftaran ini dengan mengisi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), kode registrasi sekolah, nomor HP Kepala Sekolah, nomor Whatsapp Kepala Sekolah, dan email Kepala Sekolah.

Kedua, jika registrasi berhasil, password akan terkirim melalui email Kepala Sekolah yang telah didaftarkan.

Ketiga, mendapatkan akun. Akun yang telah diterima dapat digunakan untuk login pada laman PDSS, https://pdss.span-ptkin.ac.id.

Alur Pendaftaran Menggunakan NPSS

Pertama, daftarkan sekolah dengan mengakses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Masukkan Nomor Pokok Sekolah Sementara (NPSS), lengkapi data sekolah, dan data Kepala Sekolah.

Kedua yaitu verifikasi. Data registrasi sekolah akan diverifikasi oleh Panitia Nasional SPAN-PTKIN.

Ketiga yaitu verifikasi diterima. Password dikirim melalui email Kepala sekolah yang didaftarkan pada langkah sebelumnya.

Keempat yaitu mendapatkan akun. PDSS akun yang telah diterima dapat digunakan untuk login pada laman PDSS https://pdss.span-ptkin.ac.id/.

Perihal adanya kesalahan data sekolah atau siswa, maka dapat melakukan perbaikan data pada laman https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ bagi sekolah di bawah Kemendikbud. Sedangkan sekolah di bawah Kemenag, dapat melakukan perbaikan pada aplikasi EMIS https://emis.kemenag.go.id/. Selanjutnya untuk data siswa dapat melakukan perbaikan pada laman https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/.

Pembatalan finalisasi PDSS dapat dilakukan pada 7-28 Februari 2022 dengan mengirimkan surat pembatalan (template surat dapat diunduh di halaman PDSS) ke email info@span-ptkin.ac.id.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN dapat mengakses website helpdesk https://sapa.span-ptkin.ac.id/, email info@span-ptkin.ac.id, Whatsapp (chat) 0815 7890 1020, dan telp 024-33001400.

Detail informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel Surabaya dapat diakses melalui laman pmb.uinsby.ac.id, email humas@uinsby.ac.id, Whatsapp (chat only) 0811 3060 117, serta media sosial resmi @UINSA Official. (Nur/Humas)

Ayo Kuliah di UINSA Surabaya!!!


#BanggaUINSA
#AyoKuliahdiUINSA
#kuliahdiPTKIN
#ItsMyDream
#ItsMyDestination
#UINSASurabaya
#UINSAJaya