Berita

Rabu, 14 Agustus 2024 – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2024 dengan melibatkan Inoverselab FST UINSA. Dalam acara yang berlangsung di kampus UINSA ini, Ibu Yuanita Rachmawati, M.Sc., selaku Kepala Laboratorium FST UINSA, menyampaikan informasi penting terkait SOP Laboratorium FST UINSA dan Kegiatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang akan segera dilaksanakan, serta melibatkan seluruh mahasiswa baru FST UINSA.

Foto Kalab FST UINSA bersama Mahasiswa Baru

Acara dibuka dengan sambutan yang hangat dan informatif dari Ibu Yuanita Rachmawati. Beliau memulai dengan memperkenalkan visi dan misi laboratorium FST UINSA, yang menekankan komitmen laboratorium dalam mendukung berbagai aspek tridharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam penjelasannya, Ibu Yuanita menguraikan bagaimana laboratorium-laboratorium di FST UINSA memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan akademik dan penelitian, serta bagaimana laboratorium-laboratorium ini berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu highlight dari acara PBAK ini adalah pengenalan program internship sebagai asisten laboratorium. Ibu Yuanita menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman praktis yang berharga dalam lingkungan laboratorium.

Program ini berlangsung selama 1 hingga 2 tahun, dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam berbagai aktivitas laboratorium, termasuk penelitian, pengelolaan peralatan, dan pelaksanaan eksperimen. Program internship ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang diperlukan untuk berkarir di bidang sains dan teknologi.

Selanjutnya, Ibu Yuanita memperkenalkan berbagai laboratorium yang ada di FST UINSA. Berikut adalah daftar laboratorium yang diperkenalkan:

1. Faculty Laboratory: Laboratorium ini berfungsi sebagai fasilitas umum yang mendukung berbagai disiplin ilmu dan eksperimen dasar. Ini adalah tempat di mana mahasiswa dapat mengakses peralatan dasar untuk kegiatan penelitian dan praktikum.
  2. Architecture Laboratory: Fasilitas ini dirancang untuk penelitian dan eksperimen dalam bidang arsitektur dan desain. Mahasiswa arsitektur dapat menggunakan laboratorium ini untuk mengembangkan dan menguji desain serta material baru.
  3. Biology Laboratory: Laboratorium biologi fokus pada studi biologi, termasuk penelitian genetik, mikrobiologi, dan bioteknologi. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan canggih untuk mendukung eksperimen biologi.
  4. Marine Science Laboratory: Laboratorium ini khusus untuk penelitian tentang ekosistem laut dan biota laut. Ini adalah fasilitas yang sangat penting untuk studi kelautan dan penelitian lingkungan maritim.
  5. Mathematics Laboratory: Fasilitas ini mendukung eksperimen dan penelitian dalam matematika terapan dan teori. Laboratorium ini menyediakan alat dan perangkat lunak untuk analisis matematika dan simulasi.
  6. Information System Laboratory: Laboratorium ini fokus pada pengembangan dan penelitian sistem informasi dan teknologi komputer. Ini adalah tempat di mana mahasiswa dapat bekerja dengan teknologi terbaru dalam sistem informasi.
  7. Environmental Engineering Laboratory: Laboratorium ini berfokus pada penelitian dan inovasi dalam rekayasa lingkungan dan keberlanjutan. Mahasiswa dapat mengeksplorasi solusi untuk masalah lingkungan dan teknologi hijau.
  8. Civil Engineering Laboratory: Fasilitas ini menyediakan dukungan untuk penelitian dalam bidang teknik sipil, termasuk struktur, material bangunan, dan rekayasa konstruksi. Mahasiswa dapat menggunakan laboratorium ini untuk eksperimen dan pengujian material konstruksi.
Foto Apresisasi setelah Kuis

Acara PBAK tidak hanya terbatas pada presentasi dan pengenalan fasilitas, tetapi juga mencakup kegiatan interaktif. Salah satu kegiatan yang paling dinantikan adalah kuis berhadiah yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FST UINSA. Kuis ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa baru dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar lebih lanjut tentang laboratorium dan fasilitas di FST UINSA dengan cara yang menyenangkan.

Sebagai penutup, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. Sesi ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mengabadikan momen berharga dari acara tersebut, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa baru, staf laboratorium, dan fakultas.

Laboratorium-laboratorium di FST UINSA menawarkan fasilitas dan spesialisasi yang unik dan siap mendukung berbagai penelitian dan eksperimen mahasiswa. Dengan dukungan dari laboratorium yang lengkap dan program-program seperti internship, FST UINSA berkomitmen untuk menyediakan lingkungan akademik yang produktif dan mendukung pengembangan keterampilan praktis mahasiswa.

Laboratorium-laboratorium ini dirancang untuk memfasilitasi berbagai jenis penelitian dan eksperimen, serta untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di bidang mereka.

“Kami berharap acara ini tidak hanya memperkenalkan mahasiswa baru pada fasilitas yang ada, tetapi juga mendorong mereka untuk aktif terlibat dalam kegiatan laboratorium dan memanfaatkan semua peluang yang tersedia,” ujar Ibu Yuanita Rachmawati.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai laboratorium dan program di FST UINSA, serta kesempatan-kesempatan lain yang ditawarkan, silakan kunjungi instagram kami atau hubungi kami melalui email di labfst@uinsa.ac.id.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan menyukseskan acara ini. Selamat datang kepada mahasiswa baru FST UINSA!