Berita

Kegiatan magang Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja, tetapi juga terdapat di wilayah Kalimantan Selatan. Salah satu yang menjadi tempat magang mahasiswa FUF adalah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Mahasiswa yang magang di Kemenag Banjar hanya satu orang yaitu Muhammad Yogy Qorri Dwi Pratama dari program studi (prodi) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI). Proses magang yang dilakukan mahasiswa AFI ini dibimbing oleh dua dosen penanggung jawab, yaitu dosen pamong H. Akmad Shaufie, S.Ag dan dosen pembimbing lapangan Wildah Nurul Islami, M.Th.I.

Magang di Kemenag Banjar pada bulan Ramadhan ini dilakukan pada hari Senin hingga Kamis dari pukul 08.00-15.00 WITA sedangkan hari Jumat dari pukul 08.00-16.00 WITA. Waktu-waktu tersebut, magang disibukkan dengan berbagai arahan-arahan kerja dari pegawai Kemenag. Terutama arahan kerja mengenai proses administrasi dan pelayananan masyarakat di berbagai program kerja.

Proses administrasi dan pelayanan yang dilakukan anggota magang terdapat tiga program kerja. Pertama, bantuan pendanaan pada Madrasah Diniyah (Madin) dan Pondok Pesantren (Ponpes) yang bernaung oleh Kemenag Banjar. Kedua, pengajuan izin operasional Madin dan Ponpes. Ketiga, pelayanan pendaftaran dan pelaksanaan ujian kesetaraan (Paket C) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

“Dari tempat magang ini, saya dapat mengimplementasikan skill pribadi pada dunia kerja. Pertama, dalam hal pengoperasian Microsoft Office. Kedua, dalam hal pengeditan desain grafis dari hasil dokumentasi kegiatan kepala seksi dan para staff. Ketiga, dalam hal pengelolaan sosial media dalam sebuah lembaga” jelas Yogi dalam wawancaranya melalui via WhatsApp pada Sabtu (16/3).

Salah satu desain grafis hasil dokumentasi kegiatan pelaksanaan ujian sekolah kesetaraan. (Sumber: Instagram @pd_pontren_banjar)

Kemenag Banjar memiliki kegiatan khusus pada bulan Ramadhan. Tentu saja tidak kalah dengan tempat magang yang lainnya. Kegiatan ini menarik dan bermanfaat untuk anggota magangnya. Salah satu kegiatannya adalah Ta’mir Ramadhan. Inti acara dari kegiatan ini adalah tausiyah yang dilaksanakan oleh masing-masing kepala kemenag dan kepala seksi yang lain secara bergantian.

Kegiatan Ta’mir Ramadhan ini berlangsung secara rutin pada siang hari setelah menunaikan salat dhuhur berjamaah. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah berbagi ilmu mengenai hal-hal yang bermanfaat dilakukan selama bulan Ramadhan sekaligus pengingat dalam hal kebaikan.

Antusias dari kegiatan Ta’mir Ramadhan ini cukup tinggi. Hal itu dapat tampak di tempat kegiatan yang ramai. Semua pegawai mengikuti kegiatan tersebut kecuali pegawai perempuan yang berhalangan dan pegawai yang memiliki urusan urgent sehingga tidak dapat mengikutinya.

Potret Kegiatan Ta’mir Ramadhan di Kemenag Banjar (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Beberapa arahan kerja dan program kerja yang ada di Kemenag Banjar ini menunjukkan bahwa lembaga ini tetap menjalankan tugasnya dengan baik dan tetap pula melakukan proses penanaman nilai-nilai Islami kepada setiap pegawainya. Lebih-lebih pada moment yang berkah ini yaitu Ramadhan.

Harapan Yogi sebagai satu-satunya anggota magang di Kemenag Banjar ini adalah semoga kedepannya dapat mengkoreksi diri bahwa masih banyak skill yang harus dipersiapkan untuk dunia kerja nanti dan pengalaman yang didapatkan dari magang ini akan menjadi langkah awal sebagai proses pematangan diri untuk ke depannya, sebelum memasuki dunia kerja yang semestinya. (Nur Maliyah Nisa Mardiyah – Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat).