Berita

UINSA Newsroom, Kamis (29/08/2024); Pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengikuti kegiatan Pembinaan dan Seminar DWP Wilayah Jawa Timur pada Kamis, 29 Agustus 2024. Kegiatan ini diisi langsung langsung Penasehat DWP Kementerian Agama (Kemenag) RI, Hj. Eny Retno Yaqut melalui sambungan zoom meeting.

Kegiatan yang mengusung tema “Perempuan Berkualitas dalam Keluarga dan Organisasi” ini diikuti segenap Pengurus dan anggota DWP dari UINSA Surabaya, IAIN Madura, IAIN Ponorogo, dan Kantor Wilayah Kemenag RI Provinsi Jawa Timur.

Dalam kegiatan yang digelar secara hybrid ini, turut hadir melalui sambungan zoom meeting Wakil Penasihat DWP Persatuan Kemenag RI, Hj. Tanti Kristiani Dasuki; Ketua DWP Persatuan Kemenag RI, Hj. Hilda Aini Syifa Ramdhani beserta seluruh jajaran pengurus. Termasuk Pengurus dan anggota DWP pada IAIN Madura, IAIN Ponorogo, dan 38 DWP Kanwil Kemenag Kab/Kota di Jawa Timur.

Ny. Erna Mawati, Ketua DWP UINSA dalam sambutan menyampaikan untuk ucapan terima kasih atas perkenan Penasehat DWP Kemenag RI berbagi pengetahuan yang bermanfaat bersama anggota DWP.

“Mohon perkenan ibu, untuk berbagi ilmu yang bermanfaat sebagai bekal bagi kami untuk menjalankan peran dan kewajiban dalam kehidupan rumah tangga maupun sosial kemasyarakatan,” ujar Ny. Erna Mawati.

Dalam kesempatan ini, Ny. Erna Mawati juga berkesempatan melaporkan berbagai program yang telah dilakukan DWP Kemenag RI. Antara lain pada bidang pendidikan dengan membuka Labschool pada tahun 2024 ini dengan tiga satuan pendidikan, yakni, Kelompok Bermain (KB), PAUD, dan Taman Kanak-Kanak (TK).

Labschool ini merupakan upgrade dari layanan PAUD yang sudah 15 tahun berdiri. Kami bekerja sama dengan Prodi PIAUD, Psikologi, dan Gizi UINSA,” lapor Ny. Erna Mawati.

Termasuk aktif menyelenggarakan seminar dan pelatihan parenting education tentang “Peran Orang Tua dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak” yang berkolaborasi dengan PSGA UINSA. Serta seminar tentang “Mental Merdeka untuk Hidup Bahagia” yang bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UINSA.

Program lainnya yakni di bidang ekonomi dengan pengelolaan kantin, usaha kuliner, serta layanan toko online DWP. Kemudian bidang sosial, dengan menggelar Gebyar Ramadhan yang meliputi bazar sembako murah, pembagian takjil gratis, kultum, khataman Qur’an, Donasi hewan kurban, serta bakti sosial.

Sementara itu, Hj. Eny Retno Yaqut dalam pembinaan yang disampaikan menjelaskan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai ajang silaturahmi DWP Kemenag RI. Juga merupakan bagian dari benchmarking kegiatan serta berbagai kendala yang mungkin dihadapi Pengurus DWP di wilayah masing-masing.

“Kita brainstorming saja apa yang sebaiknya kita lakukan, sebagai batu pijakan atau benchmark bagi DWP Pusat untuk bisa memperbaiki program di masa depan,” ujar Hj. Eny Retno Yaqut membuka paparan.

Sesuai dengan tema yang diangkat, lanjut Hj. Eny Retno Yaqut, diharapkan DWP dapat menjadi organisasi yang berkualitas dan melahirkan perempuan yang juga lebih berkualitas. Perempuan, dengan segala perannya memiliki tanggung jawab penuh atas pilihan yang diambil. Termasuk keputusan untuk tidak hanya berperan di rumah tangga, tapi juga organisasi DWP.

Penting menurut Hj. Eny Retno Yaqut, untuk memahami kekuatan organisasi agar mampu menumbuhkan kecintaan dan tanggungjawab terhadap organisasi. Termasuk menciptakan budaya organisasi yang positif dan nyaman agar segenap pengurus dan anggota merasa nyaman menjadi bagian dari organisasi.

Hj. Eny Retno Yaqut juga menjelaskan, bahwa perempuan yang berkualitas tidak harus berpendidikan tinggi. Sedikitnya ada 10 ciri perempuan high value menurut Hj. Eny Retno Yaqut. Yakni Percaya diri, Menghargai diri sendiri, Mandiri, Pemahaman tentang nilai diri, Empati dan kedewasaan emosional, Intelektualitas, Perencanaan dan Tujuan, Merawat diri, Batasan yang sehat, dan Berkontribusi.

“Yuk bikin organisasi kita, menjadi tempat yang nyaman untuk semuanya, untuk saling menguatkan dan dikuatkan,” tukas Hj. Eny Retno Yaqut. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Redaktur Foto: MN. Cahaya
Highlight: A. Kamal
Zoom: Devinta