Berita

Surabaya – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali mengukir prestasi membanggakan melalui sejumlah mahasiswanya yang menjadi bagian dalam berbagai kompetisi olahraga tingkat nasional. Prestasi-prestasi yang berhasil mereka raih ini menunjukkan bahwa mahasiswa FISIP UINSA tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki kemampuan luar biasa di bidang non-akademik.

Juara 5 Tenis Meja Nasional

Muhammad Syifak Alfuadi, mahasiswa Sosiologi semester 6, berhasil mengharumkan nama FISIP UINSA dengan meraih juara 5 dalam Kejuaraan Tenis Meja Nasional, kategori Mahasiswa se-Indonesia. Kejuaraan ini merupakan bagian dari acara bertajuk ‘Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni Nasional Universitas Terbuka 2024 (Disporseni Nasional UT 2024)’ yang berlangsung pada 22-25 Agustus 2024 di Universitas Terbuka Convention Center, Tangerang Banten.

Di tengah kepadatan aktivitas dan tanggung jawabnya menjalani kehidupan di kampus, Syifak berhasil menunjukkan kemampuan mahasiswa FISIP UINSA untuk bersaing di tingkat nasional. Prestasi Syifak ini membuktikan bahwa keseimbangan antara prestasi akademik dan non-akademik bukanlah suatu hal yang mustahil.

Juara 1 Sepak Bola Rector Cup UNIDA Gontor 2024

Tidak hanya unggul dalam olahraga individu, tim sepak bola yang sebagian anggotanya merupakan mahasiswa FISIP UINSA juga berhasil menjuarai kompetisi Rector Cup UNIDA Gontor 2024. Tim yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa Program Studi Sosiologi ini berhasil meraih juara 1, mengalahkan tim-tim tangguh lainnya dari berbagai universitas. Keberhasilan mereka dalam meraih posisi puncak dalam ajang ini membuktikan kemampuan mahasiswa FISIP UINSA dalam bekerja sama, menyusun strategi yang efektif, dan sportivitas di lapangan hijau.

Mahasiswa FISIP UINSA yang menjadi bagian dari tim juara ini adalah:

  1. Ramadhan Agung Suriansya (Sosiologi 2022)
  2. Rendi Bayu Iputra (Sosiologi 2023)
  3. Axell Barada Surya (Sosiologi 2023)
  4. Surya Artadianto Wijaya (Sosiologi 2024)
  5. Aryfal Prabutama Sriyanto (Sosiologi 2024)

Prestasi-prestasi non-akademik ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa FISIP UINSA untuk terus meraih excellence yang tidak hanya sebatas bidang akademik saja. Melalui Tim Pendamping Prestasi Mahasiswa yang dibentuk oleh dekan, FISIP UINSA telah berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan potensi-potensi mahasiswanya. Tim Pendamping Prestasi Mahasiswa yang terdiri atas beberapa dosen FISIP UINSA membuka pintunya lebar-lebar bagi mahasiswa berpotensi yang siap unjuk gigi dan mengembangkan diri.

Bagi mahasiswa yang hendak mendapatkan pendampingan dan fasilitasi, bisa menghubungi Wakil Dekan III, Dr. Moh. Ilyas Rolis untuk diarahkan bersama Tim Pendamping Prestasi Mahasiswa. Dengan adanya dukungan penuh dari fakultas, diharapkan prestasi-prestasi gemilang mahasiswa FISIP UINSA akan terus bermunculan di masa mendatang untuk mengharumkan nama fakultas dan universitas, baik di tingkat nasional maupun internasional. (WD)