Berita

Surabaya, 8 Juli 2024 – Prodi Ilmu Komunikasi bersama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya sukses menyelenggarakan pelantikan raya organisasi mahasiswa (ORMAWA) dan Talkshow pada tanggal 7 Mei 2024, pukul 08.00 WIB. Pelantikan ormawa ini turut meresmikan kepengurusan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMP ILKOM) periode 2024-2025. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya ini menandai dimulainya masa bakti kepengurusan baru yang siap berkontribusi dalam mengembangkan dan mewadahi kegiatan mahasiswa. 

Meriahnya acara pelantikan dan talkshow dihadiri oleh dekan dan sejumlah organisasi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta dihadiri oleh Dua Pembicara inspiratif yang mengisi acara Talkshow. 

Acara pelantikan dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan kemudian diresmikan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil. Dalam wawancara bersama TvComms, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya menyatakan komitmen penuh untuk mendukung kemajuan Hima Prodi. Fakultas menegaskan kesiapannya untuk memberi dukungan baik secara moril terhadap seluruh program kerja hima prodi dan dukungan materiil yang diberikan melalui anggaran yang telah ditetapkan oleh Rektorat. Dukungan ini disampaikan oleh Choirul Arif, selaku dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dengan dukungan penuh dari fakultas, diharapkan Hima Prodi, dalam hal ini HMP ILKOM, dapat berkembang menjadi organisasi yang lebih baik, yang mampu mendorong potensi dan partisipasi mahasiswa serta dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain di Program Studi Ilmu Komunikasi. 

Setelah peresmian acara, dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus periode sebelumnya kepada pengurus baru yang diwakili oleh Ketua terpilih. Dalam hal ini, HMP ILKOM periode sebelumnya diwakili oleh Wahyu Dwi Nugroho dan HMP ILKOM periode yang baru diwakili oleh Nur Wachid Haidar. 

Dalam Wawancara bersama TvComms, Wahyu, perwakilan Pengurus HMP ILKOM periode sebelumnya, menyampaikan tantangan terbesar yang mungkin dihadapi kepengurusan baru. Pertama, yakni singkatnya masa jabatan kabinet yang berpotensi mempersulit pelaksanaan program kerja secara menyeluruh dalam periode penuh. Kedua, menjaga keharmonisan antar anggota yang menjadi inti utama dalam kelancaran organisasi. Meskipun demikian, Wahyu optimis bahwa HMP ILKOM dibawah kepengurusan yang baru dapat belajar dari pengalaman sebelumnya sehingga sanggup berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

Haidar, sebagai Ketua terpilih pada periode yang baru, dalam pidato pelantikannya, menyampaikan visi misi yang akan diusung selama masa kepemimpinannya. Visi yang diusung ialah COPY, singkatan dari Colaborative, Progresive, dan Integritas. Hal ini menegaskan komitmennya untuk membangun organisasi yang kreatif, bekerja sama dengan baik, siap untuk berkembang, dan menjunjung tinggi integritas. 

Lebih lanjut, Haidar juga memaparkan program kerja utama yang ingin diwujudkan dalam tahun ini. Salah satu program kerja utama yang dimaksud adalah penyelenggaraan kegiatan Hari Keakraban Komunikasi (HKK). Sebagai wadah bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal dan menjalin pertemanan dalam lingkup prodi. Haidar juga mengajak seluruh anggota periode yang baru untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab selama periode kedepan. Hal ini ia sampaikan melalui wawancara dengan TvComms.

Selanjutnya, acara pelantikan ini juga dimeriahkan oleh talkshow inspiratif bertemakan Sinergi Mahasiswa: Dari Organisasi, Prestasi, Hingga Inspirasi. Jalannya talkshow dipandu oleh Dua Pembicara Utama yakni Direktur JawaPos radar Jember, Dr. Choliq Nur Baya, M.I.kom., dan Sekretaris Dewan Pendidikan Jawa Timur, Dr. Dwi Astutik, S.Ag., M.Si.