Berita

UINSA Newsroom, (06/11/2023); Pada tanggal 27 Oktober 2023, tim pemberdayaan masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dibawah bimbingan Achmad Room Fitrianto, Ph.D., menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Pencatatan Administrasi Sederhana Dalam Pengelolaan Bank Sampah’. Acara ini dihadiri 10 warga dari RW 05 di Pendopo Kelurahan Jemur Wonosari, yang berasal dari berbagai latar belakang dan komunitas masyarakat setempat.

Kami tim Wonocolo Waste Bank (WWB23) memiliki 2 program awal kegiatan yang dimulai dengan penyelenggaraan FGD yang membahas tentang pencatatan administrasi sederhana dalam pengelolaan bank sampah. “FDG ini akan menjadi landasan untuk menggagas program kami selanjutnya yaitu ecobrik yang bertujuan mengubah sampah menjadi kerajinan bermanfaat, seperti kursi, meja, hiasan, dan sejumlah produk lainnya,” terang Achmad Room.

Kegiatan FGD dimulai dengan sambutan dan pengantar dari moderator, yang menjelaskan maksud dan tujuan FGD. Tujuan utama dari FGD ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pencatatan administrasi dalam pengelolaan bank sampah, dengan harapan agar mereka mampu menerapkannya. Hasil FGD menggambarkan variasi pandangan dari peserta terkait sistem pencatatan pengelolaan bank sampah.

Para peserta juga diberikan studi kasus untuk mengidentifikasi penerapan pencatatan yang sudah dijelaskan pemateri. Selain itu, peserta juga mendiskusikan berbagai hambatan dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengelola bank sampah. Selama diskusi, para peserta aktif berpartisipasi dalam berpendapat dan pandangan yang beragam muncul.

“Kegiatan FGD ini berjalan lancar, dan kami berterima kasih kepada semua peserta yang telah berkontribusi dengan meluangkan waktu untuk dapat menghadiri dan memberikan gagasan serta pandangan mereka,” ujar Achmad Room.

Dengan demikian, FGD ini memberikan wawasan yang mendalam tentang upaya yang bisa diambil untuk meningkatkan kualitas sistem pencatatan pengelolaan bank sampah di Wilayah RW 05 Kelurahan Jemur Wonosari.

Reportase: (FEBI)
Redaktur: Nur Hayati