Berita

Seorang mahasiswa Ilmu Politik telah mengambil bagian dalam acara Musyawarah Perempuan Nasional untuk Perencanaan Pembangunan 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 April di Badung, Bali. Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian Musyawarah Perempuan yang telah dimulai sebelumnya secara daring pada tanggal 26-27 Maret 2024.

Pada hari pertama kegiatan, mahasiswa tersebut berpartisipasi dalam acara ramah tamah, sesi berbagi, dan makan malam bersama dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Bintang Puspayoga. Sementara di hari kedua, yang merupakan acara utama dalam Musyawarah Perempuan Nasional tersebut, peserta dari berbagai kalangan, termasuk perempuan, penyandang disabilitas, anak-anak, dan kelompok marginal lainnya, berdiskusi dan bermusyawarah mengenai 9 agenda pembangunan yang meliputi berbagai aspek seperti kemiskinan perempuan, perlindungan anak, lingkungan hidup, dan lain-lain.

Mahasiswa tersebut juga menyaksikan berbagai pidato dan presentasi dari pemangku kepentingan, termasuk Bupati Badung, perwakilan organisasi masyarakat sipil (CSO), dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Salah satu momen yang mengharukan bagi mahasiswa tersebut adalah ketika perempuan-perempuan tersebut dengan penuh semangat mempresentasikan usulan-usulan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan kelompok marginal lainnya.

Setelah presentasi usulan, dilakukan pula tanggapan dan diskusi dari berbagai lembaga kementerian, yang kemudian diikuti dengan penyerahan usulan-usulan agenda pembangunan kepada BAPPENAS oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kegiatan ini menjadi bukti pentingnya kolaborasi substantif dari berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berdasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan.

Bagi mahasiswa terlibat, pengalaman ini menjadi sangat berharga karena memberikan wawasan yang mendalam mengenai isu-isu perempuan dan pembangunan, serta kesempatan untuk berinteraksi dan bertukar cerita dengan peserta lainnya dari berbagai daerah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPS2K Jatim atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti acara tersebut. (WD)