Berita

UINSA Newsroom, Rabu (25/10/2023); Mahasiswa Tanggap Bencana ( Mahagana ) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan kegiatan Simulasi Pemadaman Kebakaran pada Senin, 23 Oktober 2023. Kegiatan ini mengundang BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Surabaya, Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, dan KTRescue, bertempat di Gedung SAC UINSA Surabaya.

Pihak BPBD Kota Surabaya dalam sambutannya memberikan pengantar tentang definisi bencana dan kebakaran. Seperti apa itu kebakaran, bagaimana kebakaran terjadi, hingga penanganan diri sendiri jika kebakaran terjadi.

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 40 orang partisipan ini, para peserta diajak untuk turut serta bagaimana cara menghadapi kebakaran mulai dengan peralatan sederhana hingga alat bantu pemadaman. Peserta cukup antusias dan tertarik mencoba praktik pemadaman kebakaran.

Pihak Pemadam Kebakaran Kota Surabaya juga memberikan tips & trick safety untuk pemadaman kebakaran mandiri. Sehingga diharapkan para partisipan siap siaga ketika terjadi adanya kebakaran di manapun kapanpun.

Acara ini berjalan lancar tanpa adanya hambatan. “Harapan dari acara ini adalah Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dapat bereaksi cepat terhadap kebakaran, sehingga dapat meminimalisir atau membuat nihil korban (harta atau nyawa). Selain itu, dapat diterapkan di lingkungan masyarakat,” ujar Catur Satriagung mewakili Ketua Umum UKM Mahagana UINSA.

Reportase dan Foto: Tim Mahagana
Redaktur: Nur Hayati