Berita

LPPM report, Rabu, 10 Juli 2024. Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya gelar pembekalan bagi mahasiswa yang hendak mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional. Adapun negara tempat KKN berlangsung adalah,Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Arab Saudi. Kegiatan ini bertempat di lantai 1 Gedung KH. Mahrus Ali, Ruang Pelayanan Terpadu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LP2M UINSA yaitu Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S.Ag, M.Si, Dr. Agus Afandi M. Fil.I selaku Koordinator Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UINSA, Koordinator Pusat Penelitian dan Penerbitan yaitu, A. Kemal Riza, S.Ag., M.A. Serta tim International Office UINSA, yaitu Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A. selaku Kepala Pusat IO dan didampingi oleh Ibu Fitriah, PhD. Selian itu, Kegiatan ini juga dihadiri tamu dari perwakilan Sekolah Islam Indonesia Jeddaah, Arab Saudi yaitu ustadz Aditya Dwi Hanggara, S.Pd selaku wakil kepala sekolah di SIJ (Sekolah Islam Indonesia Jeddah).

Pembekalan KKN Internasional dimulai pukul 08.45 WIB, acara ini dihadiri oleh mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi berkas dan wawancara baik lolos seleksi UICE (UINSA Internatioal Community Engagement), maupun seleksi dari fakultas (FAHUM dan FISIP). Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa yang telah melaksanakan program Student Outbond Mobility di Thailand tahun 2024. Mereka adalah Ahmad Nashrulloh Prodi Hubungan Internasional, Nur Qobib Soleh dari Podi Pendidikan Agama Islam, Feby Kumala Sari Prodi Matematika.

Dalam sambutanya, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S.Ag, M.Si menyampaikan, bahwa “Kita harus selalu menjaga etika, karena ada banyak kebiasaan di negara kita yang tidak boleh dibiasakan ketika berada di luar negeri contohnya tepat waktu.” Ujar ketua LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Dr. Agus Afandi, M.Fil.I juga memaparkan bahwa, output KKN International yaitu pengumpulan 3 jenis laporan sebagai bentuk laporan tugas akhir program KKN Internasional. Diantaranya adalah; pertama, laporan berupa buku panduan pembelajaran selama melaksanakan KKN Internasional. Kedua, Jurnal yang ter-publish dengan akreditasi sinta 2, sinta3, jurnal internasional / scopus. Dan Ketiga, video dokumenter profil Lembaga Pendidikan dengan durasi 3-5 menit. Harapannya, KKN Intenasional dapat menjadi pengalaman mahasiswa serta dapat menjadi branding untuk mengembangkan dan meningkatkan value CV, terlebih lagi dalam hal akademik dan tulisan yang telah dipublish.

Ada tiga point penting yang disampaikan oleh Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A., Kepala Pusat International Office UINSA. Yaitu: Pertama, selalu menjaga etika dan tidak membuat kegaduhan di masyarakat lokal. Kedua, selalu waspada dalam menggunakan bersosial media. Ketiga, selalu membawa kartu identitas kemanapun berkegiatan di Luar Negeri. (Kiyah)

Kunjungi Kami di: @lppm.uinsa_official