Berita

LAUNCHING RUMAH MODERASI DAN KONTRA TERORISME, REKTOR TEGASKAN PENTINGNYA REDEFINISI KEIKHLASAN DAN REDEFINING DIRI

UINSA Newsroom, Rabu (06/12/2023); Rabu, 06 Desember 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar kegiatan Seminar Nasional bertajuk, ‘Ancaman Radikalisme Terhadap Kaum Muda,” Sekaligus Launching Rumah Moderasi dan Kontra Terorisme di Ruang Amphiteather Gedung Twin Towers UINSA Kampus A. Yani No. 117 Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri segenap Tim Manajemen UINSA Surabaya, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, 60 Peserta Pelatihan Moderasi Beragama, SEMA-DEMA, dan Mahasiswa UINSA Surabaya.

Hadir sebagai pembicara seminar, Dr. H. M. Nuruzzaman, S.Ag, MSi (Staf Khusus Menteri Agama RI) bersama Kombes (Pol) Iwan Ristiyanto, Kepala Satgas Wil. IV Densus 88 Mabes Polri untuk Wilayah Jawa Timur. Dalam kesempatan ini Dr. Nuruzzaman juga berkesempatan mengenalkan buku karangannya yang berjudul, ‘Radikalisme di Media Sosial.”

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa UINSA merupakan satu-satunya kampus yang berani mendeklarasikan diri sebagai kampus yang kontra terorisme.

Rektor juga menegaskan, bahwa saat ini perlu melakukan redefinisi tentang keikhlasan. “Selama ini kita selalu berkilah, ikhlas itu tidak penting orang tahu. Hari ini, kebaikan itu harus ditularkan, harus diviralkan, supaya tercipta ekosistem sosial kebajikan,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor secara khusus juga mengajak kepada segenap peserta untuk membaca buku karangan Dr. Nuruzzaman, untuk dapat menambah wawasan terkait bahaya radikalisme yang saat ini dapat masuk dengan mudah melalui media sosial. “Harus baca buku ini. Karena buku ini keren. Buku ini melihat bagaimana radikalisme sekarang mewujud, berkembangbiak, bertransformasi melalui sosial media,” imbuh Prof. Muzakki.

Hal kedua yang ditekankan Rektor setelah Redefini Keikhlasan, yakni Redefining yourself. Yakni dengan terus berupaya meningkatkan kapasitas diri. UINSA, lanjut Rektor, sebagai kampus yang lahir berkat jasa hibah para ulama’ kini saatnya tumbuh untuk berkhidmat kembali pada Dakwah Islamiyah.

“Hari ini tantangan kita terorisme, radikalisme, karena itu UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangkaian Panjang hari ini kita akan launching bersama-sama Rumah Moderasi dan Kontra Terorisme,” tegas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya