Berita

UINSA Newsroom, Rabu (23/08/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya akan menjadi tuan rumah lauching platform “SEA Colab” pada Kamis, 24 Agustus 2023. SEA Colab merupakan website yang bertujuan untuk menjembatani para dosen dan mahasiswa dengan pihak lembaga pendidikan terkait dan pemberi sponsor lintas negara di Asia Tenggara.

Platform ini merupakan realisasi dari kegiatan YSEALI Regional Workshop bertemakan Innovating International Higher Education di Hanoi, Vietnam, yang prototipe-nya menang dan dibiayai US Embassy. “Prototipe tersebut ialah platform SEA Colab yang bertujuan untuk terus mendorong kolaborasi internasional dan membuka peluang baru dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang saya buat dengan rekan-rekan Asia Tenggara lainnya,” terang Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A., Project Manager SEA Colab.

Dosen sekaligus Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UINSA Surabaya tersebut menjelaskan, bahwa acara launching platform SEA Colab akan mendorong partisipasi dari funder, host, dan collaborator. Acara ini juga akan dihadiri praktisi dari berbagai bidang profesional dari berbagai negara, seperti Malaysia, Timor Leste, Vietnam, Kamboja, Laos, Filipina.

Acara peluncuran pada tanggal 24 Agustus 2023, lanjut Fikry, akan menghadirkan beragam akademisi di bidang teknologi, inovasi, dan kolaborasi. Dalam rangkaian ini, UINSA Surabaya berkomitmen untuk menjalankan acara secara hybrid, menggabungkan pengalaman offline dan virtual. “Hal ini memungkinkan partisipasi yang lebih luas, termasuk para tamu undangan yang hadir secara fisik di UIN Sunan Ampel Surabaya, serta mereka yang bergabung melalui platform virtual,” tegasnya.

Fikry optimis, kehadiran teknologi mampu merangkul berbagai pemangku kepentingan dari berbagai negara, sambil tetap menikmati suasana kolaboratif yang khas dari pertemuan tatap muka. “Kolaborasi ini akan memberikan kesempatan bagi komunitas akademik kami untuk terlibat dalam proyek-proyek inovatif yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia pada umumnya,” terang Fikry.

“Kami mengundang para praktisi, akademisi, mahasiswa, dan pemangku kepentingan terkait untuk hadir dalam acara peluncuran SEA Colab pada tanggal 24 Agustus 2023, mulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon menghubungi: Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A : 081230629019 (WA). (*/FDK)