Artikel
Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya telah melangsungkan kegiatan “Orientasi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (21-22 Agustus 2023). Orientasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang budaya akademik dan kampus ditingkat pascasarjana di UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hari pertama, Senin 21 Agustus 2023, acara dibuka oleh Prof. Akh. Muzakki, M. Ag, Grad. Dip. SEA, M. Phil, Ph. D, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Sesi selanjutnya dilanjut penyampaian materi oleh direktur pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Masdar Hilmy, MA., Ph. D. Beliau memberikan materi mengenai kebijakan akademik pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Tidak hanya itu, beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa pascasarjana agar bersungguh-sungguh dalam belajar dan menempuh waktu lulus sesuai dengan ketentuan. Kegiatan dihari pertama dilanjut dengan pengenalan lingkup program studi. Pengenalan program studi Magister Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MPGMI) berada di lantai 9 ruang 901. Forum kali ini dinarasumberi langusng oleh kepala program studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang didampingi oleh sekretaris. Penyampaian terkait visi, misi, tujuan, dan kurikulum yang ada di MPGMI berakhir pada jam 15.30.
Hari kedua, Minggu 22 Agustus 2023 kegiatan orientasi dilanjutkan dengan kegiatan studi literatur review, yang dinarasumberi pustakawan dari UNAIR. Kegiatan ini berlangusng di gedung KH. Mahrus Ali tepatnya dilantai 6. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 3 jam dengan penyampaian materi terkait cara mencari referensi dan cara menggunakan tools-tools yang menjadi penunjang perkuliahan pascasarjana. Dengan diadakannya masa orientasi ini semoga seluruh mahasiswa pascasarjana dapat belajar dengan nyaman dan pastinya ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat di dunia maupun di akhirat kelak.