Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya (FDK UINSA) melakukan penjajakan kerjasama di Telkom University, Bandung. Kunjungan ini berlangsung pada Senin, 24 Oktober 2022, di Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

“Kami datang kemari untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi di Telkom University, terutama dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” terang Fikry Zahria Emeraldien, M.A., sekretaris Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sendiri merupakan dua dari tiga kewajiban di lingkungan perguruan tinggi yang biasa disebut dengan “tridharma”.

Ketika rombongan FDK UINSA hadir di ruang rapat Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fikry terlebih dahulu memperkenalkan prodi Ilmu Komunikasi. Dalam PPT yang disampaikan, perempuan kelahiran Lamongan itu menjelaskan bahwa Ilmu Komunikasi merupakan program studi yang sedang berupaya untuk memiliki akreditasi “unggul”. Selain itu, prodi ini memiliki tiga capaian lulusan, yaitu wirausahawan kreatif sosial, konsultan media, dan kreatif periklanan.

Selain Fikry, Ariza Qurrata A’yun, M.Med.Kom, sekretaris jurusan Komunikasi, dan Dr. Lukman Fahmi, anggota gugus kendali mutu (GKM), turut hadir dalam kunjungan. Adapun dari Telkom University, ada pimpinan Prodi Ilmu Komunikasi, pengelola jurnal Lingkar Ilmiah Komunikasi (LISKI), dan dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Para pimpinan di lingkungan fakultas tersebut rupanya menyambut baik tawaran kerjasama yang diusung oleh FDK UINSA.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu dari UIN Surabaya. Saat ini, MBKM merupakan hal yang sangat penting. Adanya kolaborasi dalam hal penelitian dan publikasi tentu dapat menunjang program tersebut,” jelas Ade Irma Susanty, Ph.D., Dean of School of Communication and Business, Telkom University.

Apabila kerjasama ini diimplementasikan, nantinya UINSA dan Telkom University dapat melakukan joint publication dan joint research. Tidak hanya itu, peluang lain dalam hal pendidikan dan pengajaran seperti guest lecturedapat dilakukan juga. Semoga kerjasama ini dapat berjalan lancar dan konsisten. (fry)