Berita

Selasa, 25 Oktober 2022 beberapa Dosen pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya turut berpartisipasi dalam Seminar dan Sharing of Experience dengan tema “Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Hukum”. Dosen sebagaimana dimaksud ialah Elva Imeldatur Rohmah, M.H dan Moh. Bagus, M.H.

Kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan Faculty of Law Maastricht University ini menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya:

  1. Iman Prihandono, P. hD (Universitas Airlangga)
  2. AW. Haringa (Maastricht University)
  3. Prof. Fokke Fernhout (Maastricht University) dan
  4. Sascha Hardt (Maastricht University).

Dalam pemaparannya Prof. Fokke menyampaikan bahwa setidaknya terdapat 8 (delapan) hal penting dalam rangka peningkatan kapasitas pendidikan hukum:

  1. Penyusunan bahan bacaan bersama dengan mahasiswa
  2. Kelompok lebih kecil
  3. Berikan kasus-kasus hukum yang menantang
  4. Koordinasi antara mahasiswa dengan dosen diluar pembelajaran
  5. Pembelajaran berbasis masalah
  6. Pelatihan keterampilan kepada mahasiswa
  7. Pelatihan keterampilan kepada dosen
  8. Melibatkan mahasiswa sebagai Tutor dalam pembelajaran

Selain itu, pada kesempatan ini dihadiri pula beberapa Dekan dari Fakultas Hukum yang ada di Indonesia untuk memaparkan konsep dan mekanisme pendidikan hukum pada masing-masing Institusinya. Diantara ialah, Dekan Fakultas Hukum Universitas Trunojo Madura, Dekan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo, Dekan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan.