Berita

Kamis, 12 September 2024, sebagai kelanjutan dari rangkaian acara ICONELT 4th 2024, program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), FTK, UINSA melanjutkan penyelenggaraan konferensi internasional dengan tema “Transformative ELT: Innovation, Autonomy, and 21st Century Skills” bertempat di Amphitheater Room, 3rd Floor Teungku Ismail Yakub  Gedung Twin Towers UINSA Surabaya.

Pada hari kedua, open gate dimulai sejak pukul 07.30 dan acara dibuka oleh MC pada pukul 08.00 WIB. Day 2 ICONELT 2024 diisi berbagai seminar yang membahas mengenai ‘teaching’ dan ‘skills’ yang harus dimiliki oleh pengajar khususnya di English Language Teaching (ELT). Pada hari ini, seminar banyak dihadiri oleh mahasiswa PBI dari semester 1 hingga semester 7 dan juga delegasi beberapa universitas maupun sekolah mitra.

Acara dilanjutkan dengan sesi seminar yang disampaikan oleh dua orang professor asal Bridgewater State University, Emily Spitzman, Ph.D and Alexandra Balconi, Ph.D dan dimoderatori oleh salah satu dosen Pendidikan Bahasa Inggris yakni Afida Safriani, Ph,D.. Pada sesi ini, dua profesor dari universitas yang sama berkolaborasi untuk menyampaikan topik mengenai “Document Analysis as a Tool for ELT Research” yang berisi penjelasan mengenai berbagai metode yang digunakan dalam menganalisis dokumen pada pembelajaran bahasa Inggris.

Seminar pada sesi pertama ini berlangsung sampai pukul 09.30 WIB dan dilanjutkan dengan parallel session untuk partisipan yang dengan pemaparan hasil penelitian mereka. Pada sesi ini partisipan dibagi dalam beberapa ruang yang diplot dalam dua sesi berbeda. Pada setiap ruang umumnya berisi 4-5 presenter dan satu moderator yang berasal dari mahasiswa aktif di prodi Pendidikan Bahasa Inggris UINSA Surabaya. Selain mahasiswa UINSA, parallel session ini juga diikuti oleh beberapa dosen dan guru yang memiliki ketertarikan dalam penelitian terutama dalam English Language Teaching dengan berbagai sub-tema yang meliputi teacher, all about writing, video-movie, motivation, dan academic writing.

Pada saat akhir kegiatan ishoma, ada gelaran bakat dari empat mahasiswa PBI UINSA, Wanda Nur Hanifah, Evelyn Pinta Adisty Mevia, Anggita Ayu Wulandari, dan Sustania Rahmawati. Masing-masing membawakan lagu yang hits saat ini. Sesi tambahan ini cukup menghibur dan bisa  mengembalikan semangat peserta konferensi karena mereka berkesempatan sing along.

Sesi seminar ketiga dilanjutkan oleh Dr. Alvin Pang yang hadir secara langsung di Amphitheater UIN Sunan Ampel Surabaya dan dimoderatori oleh Ana Nurul Laila, MA sebagai salah satu representasi dari dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini, Dr. Alvin Pang membawakan topik yang berjudul “Pedagogy of Multiliteracies for Education 5.0”. Topik ini berfokus pada strategi inovatif dalam mengajar dengan merepresentasikan komponen penting dari literasi multimodal untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan komunikasi siswa. Beliau merupakan direktur dari Training, Research, Assessment & Consultancy Division di SEAMEO Language Centre Singapore.

Sesi seminar terakhir pada hari kedua ICONELT 2024 diisi oleh Prof. David Read dari University of Sheffield dan dipandu oleh Dr. Siti Asmiyah M.TESOL. Beliau membawakan topik dengan judul “The Role of Artificial Intelligence in Materials Development” dan membahas pemaksimalan penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada proses pembelajaran bahasa Inggris. Beliau menjelaskan  peluang penggunaan beberapa AI yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Topik yang terakhir ini cukup menarik minat para peserta konferensi, terutama mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam pembelajaran bahasa Inggris namun masih menemui kesulitan dalam pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran.

Writer : Atiqotul Maula

Editor : Nailal Himmah Attaroqiya