Berita

UINSA Newsroom, Senin (20/05/2024); Upacara Hari Kabangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berlangsung khidmat di halaman Gedung Twin Towers Kampus A. Yani UINSA Surabaya pada Senin, 20 Mei 2024. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Prof. Dr. H. Ali Nurdin, S.Ag., M.Si., dari Pascasarjana UINSA Surabaya.

Dalam upacara yangh dihadiri segenap unsur pimpinan universitas, fakultas, Lembaga, unit, serta tenaga kependidikan ini, Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional yang mengusung tema, “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas.”

Menkominfo RI secara khusus menyampaikan terkait realitas kemajuan teknologi yang melesat cepat. “Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ujar Menkominfo RI.

Hari ini, lanjut Menkominfo RI, Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. “Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban.

“Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” tegas Menkominfo RI.

Sementara itu, saat ini bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan,” imbuh Menkominfo RI.

Selain itu, disampaikan Menkominfo RI, kemajuan yang telah terpampang di depan mata harus ditangkap agar seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. “Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!” tukas Menkominfo RI. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian