Berita

Batu – (23/01/2024) Terus meningkatkan kinerja dan memperbaiki mutu, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali mengadakan acara Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dengan menghadirkan jajaran pimpinan UINSA serta seluruh Tim Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK). Sebanyak lima bus disediakan untuk memberangkatkan seluruh peserta RTM dengan keberangkatan dari Kampus UINSA Ahmad Yani.

Acara yang diselenggarakan di Jambuluwuk Batu Village Resort and Convention Hall Jawa Timur ini dihadiri oleh setidaknya 280 peserta dari seluruh fakultas. Lembaga Penjaminan Mutu sebagai pihak penyelenggara memastikan seluruh peserta termasuk Tim UPPS FPK mendapatkan akomodasi yang sangat baik dari awal perjalanan menuju lokasi, selama berlangsungnya acara hingga kembali ke Surabaya.

Hari pertama kegiatan RTM yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Januari 2024 itu dimulai dengan acara pembukaan, dan dilanjutkan dengan sidang pleno pertama serta sidang pleno kedua. Suasana RTM diatur dalam bentuk rounded table meeting, dimana setiap fakultas mendapatkan tempat duduk masing-masing yang telah ditentukan.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu mengingatkan kepada seluruh peserta RTM untuk menyiapkan dan meninjau kembali materi RTM tahun 2022 untuk selanjutnya dipaparkan hasilnya pada sidang pleno pertama. Berikutnya, pada sidang pleno kedua, pihak Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pemeriksa Internal menyampaikan sejumlah capaian hasil kinerja universitas.

FPK kompak bekerja sama dalam satu tim guna menyiapkan materi di setiap sidang pleno yang diadakan. Dekan FPK, Dr. phil. Khoirun Niam turut menyampaikan sejumlah hasil kinerja yang telah dicapai FPK selama tahun 2023. Setidaknya ada 33 rencana kinerja yang dimiliki FPK dan 14 di antaranya masih dalam status open atau masih perlu ditindaklanjuti untuk tahun 2024 ini.

Salah satu yang krusial adalah perlunya penambahan tenaga laborat, mengingat FPK memiliki banyak laboratorium. Di samping itu, kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa yang masih belum optimal perlu ditingkatkan lagi. Hal ini menjadi salah satu PR bagi FPK untuk dijadikan sebagai target kinerja tahun berikutnya.

Harapannya civitas akademik maupun mahasiswa FPK juga lebih bersemangat untuk mengikuti berbagai kegiatan baik di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga relevan dengan rencana peningkatan mutu yang dicanangkan.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: Muhamad Sangaji, Ayda Zaqiyatunnisa