Berita

Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan Mengikuti Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Ahli K3 Umum BNSP

Prodi Teknik Lingkungan UINSA mengirimkan tiga mahasiswa sekaligus Asisten Laboratorium Teknik Lingkungan untuk mengikuti Pelatihan Teknis Ahli K3 Umum yang di selenggarakan oleh Fleetnix (PT Total Raya Energi). M. Fithroni Ramadhani, Nurul Laili Chantica, dan Aiya Nafiatu Rizky mahasiswa angkatan 2020 yang juga Asisten Laboratorium Prodi Teknik Lingkungan, telah menyelesaikan pelatihannya tersebut, mulai 12 s.d 14 Desember 2023. Pelatihan ini guna mempersiapkan ketiganya untuk mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP Ahli K3 Umum. Paket materi yang didapatkan diantaranya: Undang-Undang dan Dasar-Dasar K3, Pengukuran Bahaya dan Pengendalian Resiko, serta Pengukuran Lingkungan Kerja, Safety Leadership, Teknik Pengukuran dan Deteksi Bahan Beracun dan Mudah Meledak, serta Penggunaan Self Contained Breathing Aparatus (SCBA), Sistem Tanggap Darurat (Emergency Response Plan), Industry Hygiene, Permit to Work , SMK3 dan Audit K3, Sasaran dan Program Rencana K3, dan Pelayanan Kesehatan Kerja.

Pasca pelatihan, peserta mengikuti Uji Kompetensi untuk memperoleh Sertifikat Ahli K3 Umum yang diuji oleh Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada hari Jum’at, 15 Desember 2023. Uji Kompetensi dilaksanakan  beberapa sesi pertama yakni sesi wawancara, studi kasus, dan pengetahuan dasar di bidang K3, dilanjutkan dengan ujian tulis, serta tugas portofolio.

Hasil Uji Kompetensi, ketiga mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan tersebut telah lulus dan kompeten sebagai Ahli K3 Umum dan mendapatkan Sertifikat Ahli K3 Umum dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP). Semoga hasil uji kompetensi ini dapat bermanfaat dan berkah untuk para calon Sarjana Teknik lulusan Prodi Teknik Lingkungan UINSA.