Berita

Batu — (24/01/2024) Serangkaian Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) 2023 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) berlanjut pada hari kedua. RTM dimulai pukul 07.40 WIB di Gedung Minahasa Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu.

RTM hari kedua ini membawakan tema “Performance Measurability 2023: Capaian Kinerja, Resolusi Rektor, Bridging Laboratories Skema MBKM menuju Rekognisi Internasionalisasi,”

Agenda diawali dengan bahasan mengenai Kebijakan Afiliasi dan Domain uinsa.ac.id dalam konteks migrasi domain. Hal ini menjadi langkah percepatan hilirisasi digitalisasi sesuai arahan rektor. Sidang Pleno Bidang Akademik dan Kelembagaan; Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; serta Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama turut menjadi sorotan dalam agenda RTM ini. Ishoma menjadi momen singkat untuk kemudian dilanjutkan dengan presentasi capaian dari Bidang Penjaminan Mutu, Bidang Penelitian dan Pengabdian, Capaian Kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta Capaian Kinerja Unit Kerja.

Tim Unit Pengembangan Program Studi (UPPS) Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), dipimpin oleh Dr. phil Khoirun Niam, melaporkan lima poin penting Laporan Capaian Kinerja FPK tahun 2023. Dari 28 indikator hasil Tindak Lanjut RTM 2022, ketercapaian mencapai 60,7%, sementara Indikator Kerja Utama (IKU)/ Indikator Kerja Tambahan (IKT)/ Indikator Kerja Khusus (IKK) mencapai 80,6% dari 98 indikator. Resolusi rektor menunjukkan FPK memenuhi capaian Digitalisasi, melampaui pada Income Generating, dan memenuhi pada capaian Internasionalisasi. Hasil Audit Mutu Internal mencatat pada standar Integrated Twin Towers, standar pembelajaran merupakan salah satu standar yang belum tercapai. Hasil akhir dari RTM FPK tahun 2023 adalah pelaksanakan talent scouting sebagai langkah strategis dalam meningkatkan prestasi mahasiswa.

Akhir dari RTM hari kedua ditutup dengan pembacaan rekomendasi dan penyerahan penghargaan. Peserta RTM menunjukkan antusiasme tinggi dan dengan seksama mendengarkan paparan hasil kinerja yang disampaikan oleh setiap pimpinan dijajaran rektorat, lembaga, maupun unit.

Diharapkan dengan adanya agenda ini dapat memberikan dukungan signifikan terhadap pencapaian target dalam rencana strategi bisnis, sehingga dapat mendorong kualitas pendidikan di UINSA semakin baik. Selain itu, semoga talent scouting yang dicetuskan oleh FPK UINSA dapat menjadi inspirasi dalam menciptakan lingkungan akademik yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi, M. Sangaji