Berita
Guna Percepatan Kolaborasi Publikasi Dosen dan Mahasiswa, Prodi PGMI Kembali Gelar Coaching Clinic Series 3

Sabtu, 10 September 2022 Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar kagiatan COPAS (Coaching Clinic Percepatan Skripsi) Series 3. Kegiatan berseries yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh lebih dari 80 mahasiswa Prodi PGMI. Bertema “Kiat Merumuskan Judul dan Alur Latar Belakang Penelitian”, Prodi PGMI menghadirkan narasumber yang merupakan dosen PGMI Ibu Chairati Saleh, S.Ag., M.Ed., Ph.D. Acara dibuka langusng oleh Ketua Jurusan Pendidikan Dasar, Bapak Dr. Sihabuddin, M.Pd.I., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya bagi Prodi PGMI karena telah memfasilitasi mahasiswa dalam percepatan penyelesaian tugas akhir, maupun publikasi ilmiah kolaborasi dosen dan mahasiswa. “Saya berharap acara COPAS berseries ini terus diikuti secara fokus dan serius oleh seluruh mahasiswa, terutama mahasiswa semester 7 yang sedang menempuh skripsi”, tambah beliau. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang dipimpin oleh moderator Alifa, mahasiswa semester 3 Prodi PGMI. Sebelum memaparkan materi inti terkait kiat merumuskan judul dan alur latar belakang penelitian, beliau menjelaskan secara umum terkait metode dan jenis penelitian. Beliau mengawali dengan pertanyaan buku metode penelitian apa dan karangan siapa yang sering mahasiswa baca dan jadikan referensi. Beliau berharap agar mahasiswa membaca buku-buku referensi penelitian yang terupdate. Masalah penelitian dapat ditemukan melalui hasil observasi, deduksi teori-teori, kepustakaan/replikasi, masalah-masalah sosial di sekitar, ataupun melalui pengalaman pribadi. Intinya, latar belakang yang baik harus memiliki beberapa pokok pikiran yang dituliskan dimulai dari objek penelitian, masalah yang dipilih, dan solusi. Latar belakang yang baik harus bisa menjawab semua pertanyaan “mengapa” yang tertera pada judul. Terakhir, dosen yang mengampu mata kuliah English for Elementary ini menambahkan bahw alatar belakang merupakan dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai apa yang ingin disampaikan.

Setelah sesi pemaparan materi dan coaching, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Pertanyaan yang diberikan oleh peserta seputar bagiaman pemilihan judul penelitan yang tepat, sampai kepada proses pencarian data dan fakta yang mendungkung alur latar belakang penelitian. Seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh peserta dijawab secara rinci dan detail oleh narasumber.

Terakhir, acara ditutup dengan agenda foto bersama seluruh peserta caoching clinic dan narasumber.